Header Ads

Pesta Rakyat Dimulai, Festival Adu Bedug dan Dondang Ke-13 Berjalan Lancar



POSPUBLIKNEWS.COM -  Adanya pesta rakyat yang digelar disetiap tahunnya, ribuan masyarakat Mustikajaya tumpah di lapangan Stadion mini Natrom Nursyamsu  Mustikajaya . Menyambut budaya orang Bekasi, festival adu bedug dan dondang yang ke 13. Sabtu (14/07). 


Wilayah Mustikajaya terdiri dari empat kelurahan, masing-masing Kelurahan telah membawa beraneka ragam, mulai dari cirikas makanan sampai kesenian budayanya dengan bertema orang Bekasi.





Dondang disebut sebagai wadahnya aneka ragam jenis makanan dari kue kering sampai makanan tradisional Bekasi. Tak luput, mereka datang beriringan dari masing-masing Kelurahan setempat, satu Kelurahan bisa melibatkan warganya sampai berjumlah ribuan orang.

Panitia juru catat pun terlihat telah menilai bawaan para peserta dari seni budayanya sampai aneka makanan.

Hal itu masyarakat pun sangat terhibur adanya festival adu bedug dan dongdang yang ke 13. Mereka bisa merasakan adanya seni budaya dari bekasi dan juga makanan kasnya Bekasi.

Tak hanya makanan yang beraneka ragam, pengantin dengan memakai baju kas Bekasi, seni tari topeng, ondel-ondel dan pencak silat. Tak hanya itu aktrasi yang ditunjukan dari masing masing jawara mereka saling tunjuk gigi.

Salutnya, ada jawa cilik yang sudah terlatih dari salah satu perguruan silat yang ada di Mustikajaya telah menantang salah satu orang dewasa dengan tangan kosong.

Acara tersebut panitia telah menilai juara umum telah di menangkan Kelurahan Padurenan, ke dua Kelurahan Mustikajaya, ke tiga Kelurahan Cimuning, ke empat Kelurahan Mustikasari.

Salah satu panitia yang bernama Niah Sekcam Mustikajaya mengatakan acara ini telah melibatkan banyak unsur masyarakat, diacara ini telah menampilkan dari segi kesenian budaya dan makanan tradisional Bekasi telah dihadirkan.

Sekcam Mustikajaya Niah
"Semua masyarakat kita libatkan, masing-masing Kelurahan kita perintahkan untuk membawa beraneka ragam dari seni budaya dan beraneka ragam makanan," kata Niah di acara fesrival adu bedug dan dondang. (14/07).

Sementara Deden Lurah Mustika Sari , telah membawa peserta kurang lebihnya 1000 orang diacara tersebut.

"Kami membawa warga Mustikasari sekitar 1000 orang, yang kami banggakan diwilayah kami tanaman hias, kami tidak optimis untuk menang tapi kami datang untuk yang terbaik," ujarnya.

Acara tersebut akan di selenggarakan di tahun akan datang lagi, kalau anda masih penasan dengan acara tersebut tunggu di tahun esok. 

reporter: ricky jelly
Diberdayakan oleh Blogger.