Header Ads

Cegah Polusi Udara, SMPN 32 Bekasi Kembangkan Green House


Sejumlah siswa SMPN 32 Bekasi sedang menunjukan tanaman yang dibudidayakan melalui Green House


PosPublikNews.Com, Kota Bekasi - Kreatif dan inovatif, hal inilah yang coba dikembangkan oleh SMP Negeri 32 Bekasi di dalam mengurangi polusi udara melalui Green House yang dikembangkan di lingkungan sekolahnya.

Dari penuturan Kepala Sekolah SMP Negeri 32 Bekasi, Yeti Eka Sumiati, Rabu (8/8), bahwa pembuatan Green House yang diisi dengan berbagai macam jenis tanaman hias tersebut, tidak lain sebagai upaya sekolah didalam mengkampanyekan mengenai peduli akan lingkungan yang bersih.

"Green House ini merupakan implementasi dari kampanye sekolah untuk menciptakan lingkungan dan udara yang bersih untuk menekan angka polusi udara serta menghadirkan suasana belajar yang lebih kondusif," ungkap Yeti tersenyum.

Dijelaskannya, untuk tanamannya sendiri, pihak sekolah bersama tenaga pendidik dan kependidikan serta siswa, menanam dan membudidayakan beberapa jenis tanaman di dalamnya.

"Ada beberapa jenis tanaman yang kami budidayakan didalamnya dan beberapa teknik tanam pun kami terapkan disini seperti teknik menanam dengan hidroponik dan sebagainya," Sambung Yeti.

Sedangkan untuk pupuknya sendiri, pihak sekolah menggunakan pupuk atau komposting yang berasal dari sampah yang dihasilkan di sekolah lalu diolah dengan menggunakan mesin kompos untuk menghasilkan media tanam yang mendukung keberadaan Green House di lingkungan SMP Negeri 32 Bekasi.

"Pupuknya kami produksi sendiri, dimana para siswa juga ikut terlibat didalam proses pembuatannya dan diawasi oleh para guru pembina," jelasnya.

Berkat kerja keras seluruh keluarga besar SMP Negeri 32 Bekasi, Green House dan komposting di sekolahnya menjadi salah satu program unggulan dalam perlombaan Sekolah Sehat tingkat Kota Bekasi tahun 2018.

"Kedua program tersebut menjadi salah satu program unggulan kami di dalam mengikuti penilaian Sekolah Sehat tahun 2018 pada 7 Agustus 2018 kemarin," pungkasnya.

Editor : Saiful
Diberdayakan oleh Blogger.