Header Ads

KKN 71 Muhamadiyah Gali Potensi Alam di Tululungagung


PosPublikNews.com, Tulungagung - Desa Sawo Kecamatan Campur Darat Tulungagung, mempunyai potensi yang baik kedepannya. Dimana wilayah tersebut  memiliki potensi yang lebih baik dari segi Pariwisata yaitu Telaga Buret dan Gunung Pegat, dari segi pertanian yaitu beras dan jagung, dan dari segi potensi alamnya yaitu batu-batuan.

Disini terdapat bermacam batu-batuan yaitu onyx, marmer, dan lain lain. Sehingga membuat masyrakat dalam mengembangkan kerajinan dari batu-batuan baik berupa prasasti batu untuk intansi pemerintah, westafel, anyaman batuan untuk bangunan rumah, limbahnya pun dijadikan sebagai bubuk kapur untuk campuran semen bangunan, dan lain lain.

Dari sini KKN 71 Universitas Muhammadiyah Malang  dan penanggung jawab  Ganjar Adhywirawan Sutarjo, S.Pi, MP sebagai Dosen untuk mengembangkan potensi kerajinan batu-batuan di karenakan dalam hal pasar para pengrajin sangat minim.

Contohnya, Mustaji salah satu pengrajin prasasti untuk intansi pemerintah, beliau telah melakukan usahanya selama 25 tahun, beliau mengatakan, prospek kedepanya sangat baik dimana Desa Sawo sendiri memiliki potensi batu alam yang banyak.

"Dalam menjual kerajinan masih belum mempunyai pasar sendiri hanya berbatas kenalan dari teman-teman kisaran harganya dimulai Rp. 50.000 keatas tergantung ukuran dan tingkat kesulitan," kata Mustaji.

Tak hanya itu, pengrajin anyaman batuan pak joko yang menggeluti selama 2 tahun usahanya, dirinya mengatakan, berbekal pengalaman dalam dunia batu sehingga mengembangkan kreativitas ekonomi dalam mengolah limbah batu dimana untuk dinding bangunan agar telihat indah dalm bentuk anyaman.

"Akan tetapi kekurangan dalam menjual atau memiliki pasar masih belum luas dimana hanya menjual di kota Tulung agung dalam menjual barang  hanya berbatas pesanan warga sekitar harga permeter di hargai Rp. 120.000,00," ucap Joko. 

Dengan potensi yang sangat besar masyarakat Desa Sawo Kecamatan Campur Darat Tulungagung, KKN 71 Universitas Muhammadiyah Malang ingin membuka pasar untuk para pengrajin.

Tak hanya itu KKN 71 Universitas Muhammadiyah malang akan menciptakan para distributor kerajinan batu alam untuk meningkatkan daya  perekonomian mandiri di masyarakat Desa Sawo Kecamatan Campur Darat Tulungagung.

Sumber : Iqbal Faruqi (+62 812-5926-5649)
Red : Arianto
editor :Jelly
Diberdayakan oleh Blogger.