Header Ads

Rutan Bulak Kapal Kelas II Kota Bekasi Berikan Remisi Kepada Narapidana,10 Orang Telah Di Bebaskan



POSPUBLIKNEWS.COM - Sebanyak 583 narapidana di lapas-lapas mendapatkan remisi umum pada peringatan 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Dari jumlah tersebut 10 narapidana di Kota Bekasi dinyatakan bebas langsung.

“Yang bebas itu ada 10 orang, tapi ada beberapa narapidana yang menjalani subsider. Jadi sebenarnya mereka sudah bebas,” kata Kalapas Bulak Kapal kelas II Kota Bekasi Edy Susetyo Jumat (17/8/2018) usai menghadiri upacara peringatan HUT RI ke -73 di alun-alun Bekasi.

Menurut Edy, remisi yang diberikan ini antara 1 bulan sampai 3 bulan. Namun ada beberapa orang yang harus menjalani subsider sehingga mereka harus menjalani subsidernya. Alasannya, mereka masih menjalani kurungan rata – rata 1 sampai 2 bulan.

“Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tecermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana. Jika mereka tidak berprilaku baik, hak remisi tidak akan diberikan,” ujar Edy lagi menambahkan.

Lebih lanjutnya, Edy menjelaskan tolak ukur pemberian remisi bukan pada latar belakang pelanggaran hukumnya. Remisi diberikan berdasarkan perilaku narapidana selama menjalani masa pidana di lapas.

Remisi seperti harapan bagi narapidana, lebih lanjutnya, sehingga membuat mereka menyadari pentingnya menegakkan integritas selama menjalani masa pidana. Sebaliknya, apabila narapidana melakukan pelanggaran, sanksi tegas akan menanti mereka.

Remisi ini langsung diberikan oleh Pejabat Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusumah. 

reporter: jelly

Diberdayakan oleh Blogger.