Header Ads

DLH Kota Bekasi Mengecek Polusi Udara Di Wilayah Ciketing Udik Dan Sekitar Bantargebang

Lokasi Kelurahan Ciketing Udik

POSPUBLIKNEWS.COM  - Pemerintahan Kota Bekasi, dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saat ini telah melakukan pengecekan polusi udara yang ada diwilayah Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi. Selasa (23/10/2018). 

Sembilan belas (19) titik lokasi yang akan dicek polusi udaranya dengan memakai alat HVAS (Haig Volum Air Sempler) wilayah Bantargebang, Kelurahan Ciketing Udik, Kelurahan Sumur Batu dan Kelurahan Bantargebang. Alat yang digunakan bermanfaat untuk mendeteksi kualitas udara di alam sekitar atau lingkungan. Dan Bahkan untuk jenis gas formaldehida pada biasanya,suatu formaldehida terbentuk akibat reasi oksidasi katalitik pada metanol.

Analisa kontaminan udara tidak banyak berbeda dengan analisa kimia lainnya, kecuali diperlukan alat khusus untuk pengambilan contoh dari udara. Ada beberapa cara sampling dan analisa udara seperti metoda "test tube detector", "impinger", dan "direct reading" atau metoda instrumental. 

Pemasangan alat tersebut rencananya dipasang sampai 24 jam dimulai dari jam 10 pagi. Hasilnya akan diketahui setelah penelitian masuk ke labortarium. 

Dan juga New Air Sampler Impinger, adalah analisis dan evaluasi kadar kontaminan udara semakin penting mengingat pengaruh polutan terhadap kesehatan. Cemaran kimia seperti gas SO2, H2S, NH3, NOx, debu dan lain-lain, dapat mengganggu kesehatan para pekerja pabrik, laboratorium, maupun masyarakat sekeliling.

Semantara, Dadan Komara salah satu pengawas dari Dinas Lingkungan Hidup belum bisa memberikan keterangan terkait polusi udara yang ada diwilayah Ciketing Udik, yang tidak jahu dengan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST).

"Baru hari ini pemasangan alat untuk pengecekan udara, dan hasilnya kita belum dapat karna baru kita pasang," kata Dadan

Saat dikonfirmasi terkait hasil udara yang ada diwilayah Ciketing udik dirinya hanya untuk pengawasan dilapangan. 

"Hasilnya lebih lanjutnya ke UPTD Laboratorium," kata Dadan dan bergegas keluar dari lokasi. (*)

oleh: jelly
Diberdayakan oleh Blogger.