Header Ads

Gebyar Kampung KB Manggis Sejatera 100% di RW 04 Bojong Menteng Rawalumbu Kota Bekasi

Walikota Bekasi Dr.Rahmat Effendi saat  memberikan sambutan pada acara Gebyar Kampung KB Manggis Sejahtera RW 04 Bojong Menteng Rawalumbu Kota Bekasi

POSPUBLIKNEWS.COM.
Sekitar lebih 350 KK di RW 04 dengan jumlah sebayak 7 RT Kelurahan Bojong Menteng Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi, sukses menggalakkan program 100 % berkontrasepsi. Dalam acara gebyar dan mendukung  program Kampung KB Manggis Sejatera yang telah dilaksanakan dilingkungan RW 04 Bojong Menteng Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi.

sehingga acara tersebut telah dihadirkan oleh Walikota Bekasi, Dr.Rahmat Effendi,  Kepala Dinas DPPKB Kota Bekasi, Nelly Yana koesnan, Camat  Rawalumbu, Dian Herdiana, Anggota DPRD Fraksi Golkar, Uri Huryati, Lurah se Kecamatan Rawalumbu, Tokoh Masyarakat, dan  Kader PKK, Katar, serta RT dan RW setempat. Kamis (04/10/18)



Kegiatan program mendukung gerakan Keluarga Berencana (KB) karena angka kelahiran di rukun warga (RW 04) tersebut cukup tinggi, yakni 10 kelahiran pertahun, sementara angka kelahiran standar ialah 5 kelahiran per 200 KK.


Selain tingginya angka kelahiran, angka bawah lima tahun (balita) di RW tersebut pun cenderung tinggi, yakni sebanyak 60 anak dari standar balita 30 anak per 350 KK. Tiap KK di RW ini memiliki 2-3 orang anak.

Untuk itu, ibu Tati selaku Kader Kampung KB Manggis Sejatera bersama tim menggerakkan seluruh ibu atau wanita untuk berKB. KB yang dipilih oleh mereka ialah suntik sebanyak 60%, implan 20%, IUD 10%, dan KB mandiri atau kalender sebesar 10%.  " Tugas kami ialah memberikan pengetahuan tentang KB dan meningkatkan partisipasi masyarakat tentang KB," ujar ibu tati.

Dari data tersebut, disebutkan semua peserta KB merupakan perempuan atau para ibu. Mereka ingin memberikan jarak kelahiran 3-5 tahun antar anak. Sebagian besar para ibu yang sudah memiliki satu atau lebih anak memilih KB jenis implan atau suntik. Sementara itu untuk angka kelahiran ibu usia produktif ialah 7-8 kelahiran pertahun, sementara untuk angka kelahiran ibu usia belia ialah 2-3 tahun.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Bekasi Dr.Rahmat Effendi, memberikan sambutan “ Pencanangan kampong KB Manggis Sejahtera di RW 04  diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan RW 04 menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera,” katanya.

Sedangkan Walikota Bekasi , Rahmat Effendi, mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan.baik itu program  KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan " Kampung KB merupakan salah satu bentuk dan model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah," terangnya.

Sedangkan Camat Rawalumbu, Dian Herdiana, mengatakan , Bahwa kampung KB Manggis Sejatera, dikelola dan diselenggaraka pihak pemerintah yang nantinya dari masyarakat untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

“ Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu," katanya.

Sementara itu harapan, Lurah Bojong Menteng, Rawalumbu, Hasan Simulawat, meminta agar dengan adanya kampung KB Manggis Sejahtera, dapat lebih ditingkatkan dalam program khusus nya bidang kerukunan, agama, ekonomi supaya lebih maju lagi dan bila sudah terpenuhi semua akan menjadi kan kampung KB Manggis Sejahtera yang lebih kreatif," ujarnya

Hal lainnya menurut Ketua RW 04 Bojong Menteng Rawalumbu, Sarli Ali Sabana, Dengan  adanya Kampung KB Manggis Sejahtera jangan banyak keturunan, dalam program keluarga berencana yah cukup 2 anak,  dan saya berharap kiranya bagi  para ibu-ibu dapat kreatif dalam mengutamakan berusaha, agar ibu- ibu dapat menjadi wirausaha , apa lagi  yang selama ini telah terwujud nya dari kampung KB Manggis Sejahtera terutama  sudah adanya bank Sampah. Bahkan semala ini lingkungan RW 04 telah menerima peringkat juara yaitu sebagai peraih Prestasi juara III tingkat Jawa Barat lomba KCF dalam lomba cerdas cermat," tuturnya (*)

Editor : Saiful

Diberdayakan oleh Blogger.