Header Ads

Terkait Kali Bekasi, Ini Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Bendungan Kali Bekasi

POSPUBLIKNEWS.COM - Adanya air kali Bekasi berwarna hitam dan mengeluarkan busah tebal di bendungan kali Bekasi,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, M Lutfi menjelaskan terkait air kali yang terlihat berwana hitam dan bau, mengeluarkan busah yang tebal, dikarnkan kondisi air kali Bekasi terjadi pencemaran sejak dari hulu.

Mengeluarkan Busa Yang Tebal
"Yaitu di sungai Cileungsi Kab. Bogor, air tercemar tersebut mengalami perubahan akibat dari buangan industri dan aktivitas manusia (penduduk permukiman). Air terseut, terganggu oleh kontaminan antropogenik dengan indikator perubahan warna, bau, perubahan PH, padatan tersuspensi tinggi," kata Lutfi saat dikonfirmasi melalui WhatsAap (WA). Rabu (17/10).

Lebih lanjutnya ia menjelaskan, penyebab air tercemar tersebut yaitu :
  1. Sampah organik , air limbah domestik, peningkatan surfaktan detergent   yang masuk ke sungai sehingga menyebabkan kekurangan oksigen dalam air yang menyebabkan bau.
  2. Industri yang membuang air limbah  yang mengandung logam-logam terlarut, toksik-toksik organik.
BACA : Kali Bekasi Kembali Di Cemari Oleh Limbah Dan Berbusah

Akibat pencemaran air tersebut : 
  1. Berkurangnya kandungan oksigen  dalam air. 
  2. Tumbuhnya ledakan ganggang. 
  3. Pendangkalan dasar perairan. 
  4. Perubahan ekologi .
Air limbah yang masuk ke sungai/bafan air akan terdekomposisi : 
Secara anaerob, dimana bahan organik yang terlarut akan diurai /dibusukkan oleh bakteri anaerob menjadi senyawa CH4 metan, H2S, amonia yang menimbulkan bau busuk. Terkaji pengendapan lumpur." Ucapnya. (*)

oleh: Jelly
Diberdayakan oleh Blogger.