Header Ads

Tes Performa Akan Mengetahui Kondisi Fisik Atlet


POSPUBLIKNEWS.COM - Test performa untuk mengetahui kondisi kesehatan dan fisik atlet yang diterapkan Program Pembibitan Olahraga Berkelanjutan (POB) sangat tepat. Dengan harapan, dapat mengetahui perkembangan fisik atlet yang dipersiapkan  menuju PON ke 20 di Papua 2020.

"Melalui test performa dapat diketahui apakah prestasi atlet staknan atau mengalami perkembangan dipantau dari segi kesehatan dan fisik yang dimiliki. Hal ini bisa dijadikan sebagai strategi promosi dan degradasi (Promdeg) seorang atlet yang ditempa dalam Pelatda DKI Jakarta,"jelas pelatih renang DKI Jakarta, Felix C Sutanto di Gedung Sports Science Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kemarin.

Felix melanjutkan, atlet renang yang ada dalam naungan Pelatda DKI Jakarta berjumlah 14 orang. Sembilan diantaranya mengikuti test kesehatan dan fisik yang digelar POB. Sedang lima atlet lagi ada yang melakukan latihan di Amerika. Adapun Siman Gotawa pulang kampung setelah tampil di Asian Games Jakarta.

Atlet yang melakukan latihan dan melanjutkan sekolah di Amerika perkembangan kesehatan dan fisiknya terus dipantau melalui laporan pelatih yang menangani. Dengan begitu, peningkatan prestasi yang dimiliki bisa terdeteksi selama mereka tergabung dalam Pelatda DKI Jakarta.

Lain Felix lain pula atlet catur DKI Jakarta, Tirta Chandra Purnama. "Kami sangat antusias mengikuti test performa yang dilakukan POB. Dengan mengikuti test tersebut dapat diketahui kondisi stamina dan fisik yang dimiliki para pecatur DKI Jakarta,"paparnya.

Sebagai pecatur senior DKI Jakarta Tirta mengakui, kondisi fisik itu sangat perlu, meski olahraga yang ditekuni lebih banyak menggunakan otak ketimbang gerakan yang harus mengeluarkan tenaga yang besar.

Melalui fisik yang prima paparnya, seorang pecatur mampu bermain dan duduk berjam-jam menghadapi papan 64 petak. Dari sinilah dibutuhkan latihan fisik yang dapat meningkatkan Endurance. Dengan harapan, kondisi badan tidak cepat letih dan tetap stabil bermain dengan waktu cukup panjang bisa mencapai 4 jam.

Melalui pertimbangan itulah ia hadir mengikuti test performa yang diberikan POB bersama atlet dari cabang baseball, bridge, hoki, dan selancar angin serta renang.
Diberdayakan oleh Blogger.