Header Ads

Tingkatkan Prestasi Atlet, Program POB Tak Boleh Putus


POSPUBLIKNEWS.COM - Pelatih loncat indah DKI Jakarta, Herly Rahmayani menegaskan, sudah saatnya pembinaan olahraga di Indonesia menggunakan sports science. Dengan begitu sangat tepat bila Dispora menunjuk Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membidani atlet yang tergabung dalam program Pembinaan Olahraga Berkelanjutan (POB).

"Sebagai Universitas yang mendidik mahasiswa dalam ilmu keolahragaan UNJ memiliki berbagai fasilitas, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga Dosen yang ahli dalam bidang olahraga,"jelas Herly di Jakarta, kemarin.

Dengan begitu katanya, semua peningkatan prestasi olahraga sudah jelas bermuara dari segi sports science. "Sebagai pelatih kami berharap dukungan SC datang dari POB yang sebagian besar didikan dari UNJ,"tegas Herly.

Menurutnya, adanya POB sudah jelas cabang loncat indah dan cabang lainnya menerima dengan tangan terbuka adanya program yang sangat menunjang pembinaan atlet tersebut. Dengan harapan, atlet DKI Jakarta prestasinya terus berkembang bukan saja sampai PON, namun melangkah hingga Olimpiade.

Program yang menggunakan sports science ini sudah dilakukan. negara lain termasuk Malaysia dalam mempersiapkan atlet menuju prestasi puncak. Bila Indonesia hanya mengandalkan pengalaman dalam menempa atlet maka, sangat disayangkan.

Berdasarkan pertimbangan itulah Herly sangat mendukung adanya program POB yang ada di Dispora DKI Jakarta dipercayakan pada UNJ. Dengan harapan, program seperti itu bisa meraih sukses. Bahkan menjadi "Barometer" pembinaan atlet di Indonesia mempercayakan pada dunia kampus olahraga.

Pembinaan atlet semacam ini sudah dilakukan negara maju seperti Amerika dan di China. Hasilnya, sangat memberi harapan peningkatan prestasi atlet melalui Universitas. "Program yang dimiliki atlet Pelatnas bisa dipadukan dengan yang ada di POB. Dengan begitu akan menghasilkan prestasi yang dahsyat.

"Kami berharap program pembinaan atlet seperti itu harus berjalan berkesinambungan dari tahun ke tahun. Bukan saja menuju PON. Bila program seperti itu berjalan dengan lancar, maka prestasi atlet tidak perlu diragukan lagi saat diturunkan di multi event sekelas PON maupun SEA Games dan Asian Games. Bahkan di Olimpiade sekalipun,"Harap Herly lagi.

Herly meminta, program seperti itu harus berjalan tanpa berhenti karena pergantian pengurus atau pimpinan. Siapapun yang menjabat Kadispora DKI Jakarta, program POB terus berjalan tanpa hambatan sesuatu untuk meningkatkan prestasi atlet menuju PON hingga Olimpiade. (SC)
Diberdayakan oleh Blogger.