Header Ads

Camat Rawalumbu Gelar Sosialisasi Penggunaan Kartu KS Berbasis NIK Di RS Swasta Eli Sabet Kemang Pratama

Oleh : Iful

Camat Rawalumbu : Dian Herdiana saat memberikan  pemaparan tentang Sosialisasi penggunaan kartu sehat

 KS - Berbasis NIK kepada warga masyarakat  yang diselenggarakan di RS Swasta Eli Sabet Kemang Pratama Bekasi


POSPUBLIK.NEWS.COM.- Kota Bekasi. Camat Rawalumbu, menggelar Sosialisasi bagi pengguna Kartu Sehat (KS) berbasis NIK kepada warga masyarakat agar bagi pengguna kartu sehat KS-berbasis NIK, dapat memahami bahwa kini  telah adanya perubahan dalam pelayanan, sehingga terus di sosialisasikan kepada masyarakat tentang perubahan tata cara penggunannya.

Sosialisasi penggunaan KS-berbasis  NIK ini telah diikuti oleh pihak Rs Swasta Eli Sabet, Rs Hosana Medica, Rs.Rawalumbu , sehingga dalam pelaksanaan sosialisasi penggunaan kartuKS- berbasis NIK, telah di laksanakan yang bertempat di rumah sakit  (Rs Elisabet ) Kemang Pratama, Rawalumbu ,Kota Bekasi, Jawa barat,Kamis (22/11/2018).


Camat Rawalumbu, Dian Herdiana, mengatakan, bahwa sosialisasi KS- berbasis NIK dapat segera dipahami oleh masyarakat dan perangkat Kelurahan di tingkat bawah dapat secara aktif berperan dalam sosialisasi tersebut.

“Sosialisasi ini langsung bekerjasama dengan Kepala Puskesmas (Kapus) se Kacamatan Rawalumbu, itu dalam rangka menjawab keraguan masyarakat tentang penggunaan kartu KS-berbasis NIK, sehingga pihak dari Kelurahan bersama Pukesmas dapat untuk menjelaskan sedetil mungkin tentang penggunaan kartu sehat (KS- berbasis NIK ) ,” terangnya.

Selain itu sambung Camat Rawalumbu, Dian Herdiana, sosialisasi kartu KS-berbasis NIK ini juga telah di sampaikan kepada kepala Puskesmas (Kapus) di 4 Kelurahan, yaitu Puskesmas Bojong Rawalumbu,  Bojong Menteng, Pengasinan, dan Sepanjangjaya serta kepada ketua RT dan RW, kader PKK , Posyandu, juga para tokoh masyarakat agar mereka bisa menjelaskan kembali kepada masyarakatnya. “Nanti kalau kurang jelas, silahkan diarahkan kembali kepada kita selaku pihak kecamatan ,” ungkapnya.

Ditambahkan Dian Herdiana, bahwa Kacamatan  Rawalumbu dan pihak Kelurahan se Kecamatan Rawalumbu akan melaksanakan jemput bola bersama Puskesmas dalan pelayanan kesehatan. Pengguna KS-NIK di wilayah Kelurahan se Kecamatan Rawalumbu, sendiri saat ini sudah mencapai 72,49 persen dari total warga  masyarakat 71.000 yang berada di wilayah kecamatan Rawalumbu .

Camat Rawalumbu, Dian Herdiana,  menghimbau bahwa untuk pelayanan pada warga nanti pihak dari " Puskesmas akan melakukan kunjungan dor to dor terhadap rumah warga dalam rangka peningkatan layanan kesehatan, ” katanya.

Sementara itu, dalam sosialisasi penggunaan KS-berbasis NIK tentang sistim jaringan nasional yang menjadi acuan dari Kartu Sehat (KS) berbasis NIK.

Bila adanya kebutuhan urgen bagi warga masyarakat dengan “ Keadaan gawat darurat, langsung dapat dibawa kerumah sakit, biasanya kalau rujukan diberi waktu 24 jam untuk gawat darurat, jadi rumah sakit harus menerima, nanti rujukan bisa menyusul,” jelasnya Camat Rawalumbu.

Camat Rawalumbu, Dian Herdiana, juga berharap dengan sosialisasi tersebut, masyarakat dapat segera memahami tata cara penggunaan KS-NIK yang kini memang mengalami perubahan dalam penggunaannya.

“ Mudah-mudahan dengan sosialisasi penggunaan KS-berbasis NIK ini dapat membuat pemahaman bagi warga masyarakat nantinya untuk dapat menggunakan kartu KS-berbasis NIK sesuai prosedur  yang telah adanya perubahan dari pemerintah kota bekasi ."

Sehingga tidak adanya kesalah pahaman dalam prosedur penggunaan KS-berbasis NIK, dan jangan sampai terjadi karena belum tahu prosedur dan alurnya, mudah-mudahan warga masyarakat dapat dalam paham dalam penggunaan KS-berbasis NIK sehingga dapat pelayanan dengan baik,” pungkasnya. (Risqi)

Editor  : IFUL

Diberdayakan oleh Blogger.