Header Ads

Camat Tambun Utara Jemput Bola Perekaman KTP El ke Sejumlah Desa

Dodo Hendra Rosika, Camat Tambun Utara

POSPUBLIKNEWS.COM - Untuk mempercepat perekaman KTP Elektronik (KTP el) yang telah dibatasi oleh pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga akhir Desember 2018, Kecamatan Tambun Utara (Tamara) membuat strategi jitu. 

Strategi yang dilakukan oleh Camat Tamara tersebut yakni dengan melakukan perekaman jemput bola di sejumlah desa yang dianggap padat penduduk dan wajib memiliki KTP el. Seperti yang dilakukan di Desa Karang Satria selama 5 hari sejak Senin (5/11) hingga Jumat (9/11).

"Kita lakukan jemput bola perekaman KTP el ke sejumlah desa yang penduduknya padat," terang Dodo Hendra Rosika, Camat Tambun Utara usai menyerahkan Surat Keterangan (Suket) Kependudukan ke sejumlah warga di Desa Karang Satria, Kecamatan Tambun Utara, Jumat (9/11).

Selain itu, lanjut Dodo, pihaknya tak segan-segan mendorong para perangkat desa untuk sesering mungkin melakukan sosialisasi perekaman KTP el tersebut kepada masyarakat maupun para Ketua RT dan RW melalui minggon desa maupun musyawarah dusun (Musdus).

Menurutnya, jika hal tersebut tidak dilakukan, dirinya khawatir akan banyak masyarakat Tambun Utara yang tidak memiliki KTP el. 

"Jemput bola perekaman KTP el ini harus dilakukan di setiap desa yang padat penduduknya. Kita akan lakukan secara bergiliran lantaran keterbatasan peralatan yang dibutuhkan," paparnya.

Masih kata Dodo yang didampingi Kepala Desa Karang Satria, Zaenudin Resan, setelah melakukan perekaman dan mendapat Suket, maka warga diharapkan datang ke Kecamatan Tambun Utara untuk mengambil KTP el sesuai nomor antri. 

Namun lagi-lagi, masyarakat harus bersabar, kata Dodo, KTP el akan dicetak apabila blanko yang ada di Kecamatan Tambun Utara sudah mencukupi.

"Kita akan segera cetak, sesuai blanko yang ada. Namun demikian, masyarakat diminta bersabar. Kita akan terus mendorong Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bekasi agar segera memenuhi kebutuhan blanko KTP el di Kecamatan Tambun Utara," tukasnya.

Dodo berharap agar masyarakat Tamara segera melakukan perekaman KTP el di Kantor Kecamatan Tamara bagi yang belum memiliki KTP el. Karena, katanya, perekeman KTP el tersebut akan berakhir hingga akhir Desember 2018 ini. 

"Ya masyarakat harus segera melakukan perekaman, kalau hingga akhir Desember 2018 belum juga melakukan perekaman, maka akan menemui kesulitan, pastinya," pungkasnya. (*)
Diberdayakan oleh Blogger.