Header Ads

Jadikan pohon bak papan iklan ,banyak caleg tidak taat aturan


POSPUBLIK.NEWS.COM
Pemilu legislatif yang akan di gelar pada tanggal 17 april tahun 2019 dan akan di selenggarakan berbarengan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden sudah memasuki masa kampanye. Pemilu legilatif tahun 2019 melibatkan 16 partai politik dan ratusan calon legislatif ( caleg ) baik untuk calon anggota DPR RI ,DPRD PROVINSI, DPRD KOTA/KABUPATEN, DAN DPD.


Ajang kampanye adalah ajang sosialisasi pengenalan calon anggota legislatif ( caleg ) kepada masyarakat, banyak media yang dipakai untuk memperkenalkan pribadi dan program yang akan di tawarkan ke masyarakat antara lain melalui media sosial , pemasangan APK dan sosialisasi langsung ke masyarakat.

Namun sangat di sayangkan pemasangan APK yang sudah di atur oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) banyak dilanggar oleh caleg.

Menurut Hery Buchori ketua karang taruna bekasi jaya kecamatan bekasi timur mengeluhkan " banyak aturan yang di langgar oleh caleg dan timnya terkait pemasangan APK misalnya adalah APK di tempel dengan cara di paku di pohon hal ini akan merusak pohon tersebut serta estetika kota dan bahkan melanggar aturan KPU " . Hal ini di benarkan oleh Djumari Panitia pengawas pemilu ( PPL ) kelurahan bekasi jaya menilai"

perlu adanya sosialisasi terhadap tim sukses ( timses ) caleg terkait peraturan pemasangan APK yang benar sebagaimana tertuang dalam Peraturan perbawaslu 28 tahun 2018 menerangkan tentang pengawasan kampanye pemilu pada pasal 24 poin D terkait bahan kampanye yang tidak boleh disebarkan atau di tempel di tempat umum contohnya.

Sarana dan prasarana publik serta taman dan pepohonan " . Ia menambahkan sebetulnya sosialisasi sudah di berikan kepada pimpinan partai namun di lapangan masih di temukan pelanggaran.

Kedepan hery berharap agar ada sanksi tegas dari badan pengawas pemilu ( bawaslu ) bukan hanya sanksi berupa pencopotan saja harus ada sanksi adminitrasi karena dengan di pakunya pohon sudah merusak tanaman yang notabene nya untuk menjaga keindahan kota bekasi.(*/hery)

Editor : Saiful
Diberdayakan oleh Blogger.