Header Ads

Karna Tidak Ada Surat Rujukan Puskesmas, Pengguna Kartu KS di Tolak Rumah Sakit



POSPUBLIKNEWS.COM - Rian Ardiansyah usia 12 tahun yang masih duduk di kelas 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cikiwul II mengalami sakit panas yang cukup tinggi, Rian adalah warga RT 003 RW 001, Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi, Rian berobat menggunakan kartu sehat (KS) Kota Bekasi, mirisnya telah di tolak oleh salah satu Rumah Sakit yang berada di Bantargebang, lantaran tidak memegang surat rujukan dari Puskesmas.

Sebelumnya, Rian Ardiansyah (12) anak dari pasangan bapak Sunta dan ibu Imas sang buah hatinya itu telah mengalami panas yang tinggi, setelah mendapatkan Imunisasi di sekolahannya SDN Cikiwul II pada waktu lalu.

Hal itu Karsih (uwa Rian), yang juga merangkap sebagai kader PKK RT 004 RW 001 Sumur Batu telah mengeluhkan dengan pelayanan dari Puskesmas maupun Rumah Sakit.

"Ya, saya berobat dengan menggunakan Kartu Sehat (KS) ke Puskesmas Sumur Batu, setelah berobat dari sana panasnya tidak mau reda, juga badannya mengigil panas dan kedinginan," kata Karsih dirumahnya. Minggu (19/11).

Akhirnya keluarga Sutan (suami) telah sepakat untuk membawa Rian Ardiansyah ke Rumah Sakit (RS) Karya Medika Bantargebang, mirisnya, pihak RS Medika Bantargebang telah menolak karena tidak membawa surat rujukan dari Puskesmas. 

"Sudah kami bawa ke rumah sakit Karya Medika Bantargebang, tapi ditolak karna kami tidak ada surat rujukan dari puskesmas," kata orang tua Rian.

Mereka sudah berusaha meminta surat rujukan dari puskesmas ke rumah sakit agar anak tercintanya dapat ditangani oleh tim medis. 

"Kami sudah berusaha untuk meminta rujukan dari Puskesmas tetapi hari minggu Puskesmas libur terpaksa kami bawa pulang kembali menunggu sampai hari senin karena surat rujukan bisa di berikan hari kerja bukan hari libur," ungkap Karsih meneteskan air mata.

Ditempat terpisah, mendengar adanya pasien yang telah ditolak Rumah Sakit (RS) Rian Ketua Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi LKPK DPC Kota Bekasi, mencekam, pihak RS Karya Medika seharusnya menerima Pasien tersebut karena surat rujukan bisa menyusul karena kalau orang berobat kondisi lagi sakit tidak bisa di tunda harus segera di tangani.

"Kami juga minta kepada Pemerintah Kota Bekasi agar Puskesmas buka di hari libur, bukan tutup. Karena Puskesamas merupakan pelayanan kesehatan masyarakat, apalagi yang sudah mendapakan kewenangan untuk memberikan rujukan kepada Pasien," geram Rian.

Lebih lanjutnya Rian akan kordinasi kepada Walikota Bekasi, agar pelayanan untuk Puskesmas segera dirubah untuk dihari libur, jangan pasien melewati waktunya untuk mendapat surat rujukan dari Puskesmas.

Oleh: Hadi

Diberdayakan oleh Blogger.