Header Ads

Invinity Creative Universitas Mercu Buana


POSPUBLIKNEWS.COM - Merangkul Milenial Mengenal Kebudayaan Antarnegara Serumpun  POSPUBLIKNEWS.COM-Kemajuan teknologi dan tingginya tingkat komunikasi yang tanpa batas dan sekat telah membawa kemajuan luar biasa dalam hubungan kebudayaan antarnegara. Suatu kegiatan bila dikemas dalam cara yang apik akan membantu meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pemahaman para generasi muda dalam memahami perbedaan tentang budaya.

Gebyar Budaya Indonesia-Thailand dengan tema “Discovering Amazing Indonesia-Thailand” menjadi pintu masuk generasi milenial yang dapat memelajari bagaimana suatu kebudayaan tak hanya memiliki perbedaan namun juga memiliki banyak persamaan. Festival budaya serumpun yang diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana merupakan salah satu usaha atau cara untuk para remaja milenials dapat terus mengetahui, mencintai, dan menghargai perbedaan budaya.

Wakil Rektor Universitas Mercu Buana Dr. Hadri Mulya dalam sambutannya saat membuka kegiatan Gebyar Budaya Indonesia – Thailand mengungkapkan, melalui festival budaya serumpun ini maka diharapkan dapat melestarikan, meningkatkan, dan mengembangkan budaya serumpun di tengah zaman Millenials yang serba modern. “Kegiatan yang mengangkat budaya ini merupakan bagian dari pengenalan tentang sejarah diri kita, dari mana kita berasal, dan mengapa kita memiliki persamaan-persamaan meski kita berbeda negara,” ujar Hadri Mulya di Auditorium, Universitas Mercu Buana, Jakarta, Sabtu (1/12).

Kegiatan Gebyar Budaya Indonesia-Thailand menjadi kegiatan yang mengupas tuntas tentang beragam persamaan dan perbedaan tersebut. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Kedutaan Besar Kerajaan Thailand Menteri Jiraporn Sudanich, Direktur Tourism Authority of Thailand Busakorn Prommanot, Atase Kedutaan Indonesia untuk Thailand Kombes Priyo Waseso, dan Wakil Dekan Universitas Mercu Buana A. Rachman,  menggelar beberapa kegiatan sekaligus. Kegiatan tersebut antara lain Talk Show, bazar makanan, aneka lomba kreatifitas seperti memasak makanan ala Thailand, lomba tari tradisional Indonesia dan Thailand, hingga Fashion Show yang menampilkan bagaimana gaya berbusana warga negara Indonsia dan warga negara Thailand.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 1 Desember 2018 mengundang langsung perwakilan dari Kedutaan Besar Thailand. Kehadiran perwakilan Kedutaan Kerajaan Thailand dalam acara Gebyar Budaya Indonesia-Thailand sekaligus untuk menjawab semua latar belakang sejarah Thailand dan tentang beragam kemajuan kebudayaan yang dimiliki oleh Thailand yang ingin diketahui oleh masyarat pada umumnya dan para mahasiswa pada khususnya yang hadir di acara ini.

“Melalui kegiatan Gebyar Budaya Indonesia-Thailand diharapkan dapat membawa manfaat bagi seluruh peserta kegiatan Gebyar Budaya Indonesia-Thailand. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama baik Thailand dan Indonesia terutama di berbagai bidang seperti pendidikan dan kebudayaan,” tutur Hadri.

Pada kesempatan tersebut kegiatan Talk Show mengangkat tema “Discovering Amazing Indonesia- Thailand. Talk Show menghadirkan narasumber yang mengetahui persis hubungan kedua negara sangat baik, dan memiliki kedekatan emosional yang tinggi, yaitu Atase Kedubes RI untuk Thailand Kombes Priyo Waseso, Direktur Tourism Authority of Thailand Mrs. Bosakorn Promanot, dan perwakilan komunitas Indonesia-Thailand Leonardus Doni Panova. Acara ini dipandu langsung oleh moderator profesional Desmonda dan Rizal Akbar, serta dimeriahkan oleh artis Denias KDI.(sera21)
Diberdayakan oleh Blogger.