Header Ads

Musrenbang Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur Warga Banyak Usulkan Perbaikan Jaling dan Saluran


POSPUBLIK.NEWS.COM
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Bekasi Tingkat Kelurahan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi digelar pada Selasa, (15/1/2019) di Aula Kantor Kelurahan Bekasi Jaya.


Dalam kesempatan Musrenbang  kali ini, juga dihadiri Anggota DPRD Kota Bekasi fraksi Golkar, Daryanto.S.Kom, fraksi PDIP, Lilik Hariyoso, Camat Bekasi Timur Gutus Hermawan, Lurah Bekasi Jaya, Ngadino, dan jajaran terkait. Juga hadir FKRW dan Tokoh Masyarakat serta RT dan RW, Kader Posyandu dan PKK, Babinsa TNI, Babinkamtibmas .

"Berbagai usulan kegiatan yang dihimpun dari forum RW dalam Musrenbang menjadi dasar penyusunan RKPD 2020. Maka saya harap warga bisa ikut berperan aktif memberikan masukan," kata Camat Bekasi Timur, Gutus Hermawan.

Disampaikan dalam usulan kegiatan kelurahan Bekasi Jaya, warga banyak menginginkan perbaikan jalan lingkungan (Jaling) dan saluran untuk mengatasi banjir. Selain itu program untuk sekolah di wilayah Bekasi Jaya dan rencana program pembangunan lingkungan diwilayah Kelurahan Bekasi Jaya.

Makmur.Ketua RW 08 Bekasi Jaya , mengatakan diwilayahnya telah ada rencana pembuangan sampah TPSS , akan dibangun tahun ini, juga ada rencana pembangunan jembatan gantung akses penyeberangan antar Bekasi Timur menuju ke Bekasi Utara. Maka ia ingin pembangunan yang sudah terprogram agar segera terlelisasi secepatnya, demi kemajuan di wilayah dan juga kemanfaatan sarana untuk masyarakat.

"Ini sudah diusulkan setiap musrenbang dari tahun . setiap usulan kalau masuk biasanya ada tim mengukur.ujarnya

Sedangkan Lurah Bekasi jaya, Ngadino, mengatakan,  berbagai usulan warga  pihaknya akan menghimpun hingga 7 hari kedepan. Setelahnya adanya program proposal untuk pembangunan dari tingkat wilayah RW akan langsung diusulkan hingga tingkat kecamatan Bekasi Timur.

Terkait usulan kegiatan perbaikan jalan atau saluran ia memberi saran agar dibuat dengan nama rehabilitasi. Ini dilakukan agar perencanaan perbaikan jalan atau saluran tersebut sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB), maka nama kegiatan administrasi harus diusulkan dengan mencantumkan nama rehabilitasi jalan atau rehabilitasi saluran.

"Rehabilitasi jalan bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan. Apakah perlu di aspal atau dibeton. Sayang, kalau di awal namanya minta pengaspalan jalan lingkungan tapi kenyataannya perlu di beton. Begitu pun untuk rehabilitasi saluran. Karena kebanyakan selama ini diusulkan normalisasi saja. Kalau rehabilitasi saluran ada fisiknya juga tidak hanya normalisasi," kata Lurah Bekasi Jaya, Ngadino. ( *)

Editor : Saiful
Diberdayakan oleh Blogger.