Header Ads

Wali Kota Hadir di FGD Dinas Tata Ruang Kota Bekasi

Walikota Bekasi Dr.H.Rahmat Effendi saat memberikan sambutan pada acara FGD di Hotel Santika Mega Bekasi yang telah digelar oleh Dinas Tata Ruang Kota Bekasi

POSPUBLIK.NEWS.COM
KOTABEKASI - Bertempat di Ballroom Hotel Santika Mega Bekasi, Dinas Tata Ruang Kota Bekasi menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Potensi, Tantangan dan Prospek Penataan Ruang Kota Bekasi. Hadir pada kegiatan tersebut Wali Kota Bekasi, Dr Rahmat Effendi, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bekasi, Kepala Bagian Humas Kota Bekasi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi beserta Camat dan Sekretaris Camat se Kota Bekasi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bekasi menyambut dengan baik serta memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan yang sangat strategis tersebut.

"Pertumbuhan dan perkembangan suatu wilayah dilatarbelakangi oleh berbagai, potensi,tantangan dan prospek penataan ruang, aspek kehidupan, seperti perkembagan jumlah penduduk, kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi," katanya.

Lanjut dia, faktor-faktor tersebut membawa perubahan terhadap bentuk keruangan wilayah baik secara fisik maupun non fisik melalui kegiatan manusia.

" Harus direncanakan dan harus dipikirkan dari sekarang. Perubahan tersebut apabila tidak ditata dengan baik akan mengakibatkan perkembangan yang tidak terarah dan mengalami penurunan kualitas ruang, harus berfikir jauh kedepan," katanya lagi.

Lebih jauh lagi kata Wali Kota Bekasi, pemerintah memiliki wewenang dalam pelaksanaan penataan ruang wilayah yang meliputi perencanaan tata ruang wilayah kota maupun kabupaten.

"Penyusunan tata ruang dilakukan berdasarkan kaidah-kaidah perencanaan yang mencakup asas keselarasan, keserasian, keterpaduan, kelestarian, keberlanjutan serta keterkaitan antar wilayah baik didalam daerah itu sendiri maupun dengan daerah lainnya, dalam hal ini harus terintegrasi," terang Wali Kota Bekasi.

Dalam proses yang dinamis ini, mengandung pengertian bahwa dalam proses mewujudkan tujuan rencana tata ruang dan menjawab tantangan prospek kedepannya.

Pihaknya sangat berharap, penyelenggaraan FGD mampu memberikan gagasan yang konstruktif sehingga rencana tata ruang wilayah menjadi lebih rasional dan terarah.

"Agar mencapai rencana tata ruang wilayah yang diharapkan, untuk mewujudkan peradaban yang lebih baik lagi," akhirnya. (*)

Editor: Saiful 
Diberdayakan oleh Blogger.