Header Ads

Warga masyarakat Kelurahan Pengasinan Rawalumbu Bergembira Akta Sertifikat Tanah hasil Proses PTSL Telah Di Terima Langsung

Seorang Warga Masyarakat yang telah menerima Sertifikat hasil Proses PTSL dari Pihak BPN Kota Bekasi
POSPUBLIK.NEWS.COM
Sejumlah Warga dilingkungan RW 07, RW 17, RW 28 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu,Kota Bekasi, sangat menyambut gembira yang mana selama ini dari target 350 buku  pengajuan dalam pendaftaran tanah sistem lengkap (PTSL) atau sertifikat gratis , yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat hingga daerah dalam proses PTSL tersebut diproses oleh pihak Kantor Pertanahan (BPN ) Kota Bekasi. Dengan jumlah sekitar kurang lebih 100 buku Sertifikat yang sudah Terselesaikan atau sudah jadi.


Alhasil telah diterima langsung Warga Masyarakat dilingkungan secara langsung dari pihak BPN Kota Bekasi, yang juga telah didampingi oleh Ketua RT dan RW serta Pihak Aparatur Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.



Menurut Petugas Pelaksanaan PPAT Kelurahan Pengasinan, Rawalumbu, Hasan, mengatakan, bahwa sudah hampir kurang lebih sekitar 100 PTSL yang sudah Terselesaikan dan secara langsung diterima oleh yang bersangkutan pemilik tanah.

Hal ini telah dirasakan oleh warga masyarakat dengan kegembiraan dapat memiliki sertifikat tanah hasil pengajuan nya melalui proses PTSL. ujar petugas pelaksana PPAT Kelurahan Pengasinan, Rawalumbu, Hasan,

Sementara itu Lurah Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi,H.Ulim Ahmad, menjelaskan, dalam pengajuan PTSL, ada persyaratan yang harus di penuhi masyarakat. Seperti, harus lengkapnya bukti kepemilikan terhadap objek dan bidang tanah yang akan mereka ajukan sehingga jelas atas dasar bukti kepemilikan tanah yang sah.

Dalam pengajuan nya dengan sistem persyaratan diantara nya " KTP, KK, SPPT, dan bukti perolehan tanah yang berupa girik, atau Akta Jual Beli (AJB) agar dapat di cek datanya oleh BPN, setelah semuanya lengkap dan dianggap layak, maka masyarakat akan mendapatkan sertifikat atas tanah yang mereka miliki,.” terangnya

Hal Tersebut, Lurah Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Ulim Ahmad, berharap masyarakat dapat lebih memahami terkait PTSL yang menjadi program strategis nasional dari pemerintah pusat, yang mana  dalam program PTSL tersebut Pemerintah pusat telah membebaskan segala biaya untuk proses pembuatan sertifikat dan warga masyarakat hanya di minta melengkapi bukti kepemilikan atas tanah yang mereka miliki.

Sedangkan Lurah Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, H. Ulim Ahmad, mengatakan, dengan digelarnya Penyuluhan berkaitan dengan PTSL, diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang dapat menambah pengetahuan tentang pertanahan serta proses pembuatan sertifikat.

" Kami sangat apresiasi karena dapat mengedukasi masyarakat, ” ungkapnya.

Pemberian sertifikat tanah secara gratis ini, diharapkan masyarakat Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, lebih sejahtera, sebab biaya pembuatan sertifikat tanah dapat di gunakan warga masyarakat untuk keperluan yang lain.

Bahkan dengan telah selesai nya proses pembuatan PTSL ( Sertifikat tanah) yang telah diterbitkan atau telah selesai proses nya “ Sertifikat tanah bisa menjadi jaminan untuk mendapat pinjaman Bank, dan apabila ada warga masyarakat butuh modal untuk membuka usaha maka sangat mudah dengan sertifikat itu. Ungkapnya Lurah Pengasinan Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi, H.Ulim Ahmad (*)

Editor :  Saiful



Diberdayakan oleh Blogger.