Header Ads

Polres Singkawang Bekerjasama Dengan Polres Sambas Bongkar kasus pengelapan puluhan unit mobil rental

Barang Bukti Sitaan Mobil Rental oleh Polres Singkawang Kalbar

POSPUBLIK.NEWS.COM - Kalbar- Polres Singkawang bekerja sama dengan Polres Sambas berhasil mengungkap kasus pengelapan puluhan unit mobil rental. Sabtu (30/03/19)

Kapolres Singkawang AKBP Raymond‎ M Masengi membenarkan telah terungkap kasus pengelapan mobil rental dan saat ini penanganan perkara ini di lakukan oleh Satreskrim Polres Singkawang.

Mobil yang di gelapkan milik rental bukan hanya Mini Bus, mobil jenis mobil keluarga, tetapi juga terdapat diantaranya mobil double gardan, mobil Sedan.

Jajaran Satreskrim Polres Singkawang mengamankan seorang pria berinisial DZ (42), yang diduga sebagai pelaku tindak pidana penipuan atau penggelapan mobil.

DZ berhasil di amankan di Jalan Seksama, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kamis (28/3) sekitar pukul 20.00 WIB," kata Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi.

Pengungkapan kasus ini, katanya, berdasarkan laporan korban tentang dugaan tindak pidana penipuan atau penggelapan mobil oleh terduga.

Yang mana, terduga DZ melakukan penipuan dengan modus menerima rentalan mobil untuk disewa oleh perusahaan ikan dengan menunjukkan SPK (surat perintah kerja) palsu dari perusahaan tersebut.

Tersangka membayar sewa mobil perbulan kepada korban sebesar Rp8.200.000. Namun mulai bulan Maret 2019 biaya sewa mobil tidak lagi dibayar dan mobil milik korban tidak diketahui keberadaannya.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, ternyata tidak hanya Budi Hendro menjadi korban penipuan oleh DZ, Namun masih banyak korban-korban lain yang mobilnya disewa oleh DZ dan mobil digadai kepada orang lain dengan harga gadai yang bervariasi antara Rp.20 juta s/d Rp.40 juta. ungkapnya.

Kemudian, anggota Satuan Reskrim Polres Singkawang melakukan pengembangan hingga ke wilayah Kabupaten Sambas dengan dibantu Jajaran Satreskrim Polres Sambas. Dari pengembangan itu, kita baru mengamankan sebanyak 58 unit mobil yang diduga merupakan hasil penipuan yang dilakukan oleh DZ.

Untuk saat ini puluhan mobil yang berhasil diamankan sudah berada di Mapolres Singkawang.

Berdasarkan pengakuan terduga, bahwa aksi penipuan itu dilakukannya bersama dua orang rekannya yang saat ini masih dalam pengejaran polisi. Sampai saat ini kasus ini masih terus kita kembangkan. Ungkap Raymond. (Abidinsyah)

Editor : Saiful 
Diberdayakan oleh Blogger.