Header Ads

PPK Kecamatan Rawalumbu Gelar Pelantikan dan Bimtek KPPS Berlangsung di Gedung Kesenian H. jaieni Kecamatan Rawalumbu

Acara Pelantikan dan Bimbingan Teknis
 ( Bintek) KPPS se Kecamatan Rawalumbu oleh PPK Rawalumbu di Gedung Kesenian haji Jaieni Kelurahan Bojong Menteng Rawalumbu Kota  Bekasi  

POSPUBLIK.NEWS.COM
Sejumlah 610 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pemilu Serentak pada tanggal 17-April 2019 di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.

PPK Kecamatan Rawalumbu , maka untuk keperluan legalitas formal dilakukan pengambilan sumpah dan janji serta pelantikan ketua dan anggota KPPS. Karena besarnya jumlah TPS, maka dalam pelaksanaannya 610 KPPS.


Acara digelar pada hari Rabu (10/4/2019) siang di Aula Gedung kesenian haji Jaieni Kelurahan Bojong Menteng ,Kecamatan Rawalumbu dengan mengundang masing-masing Ketua dan anggota KPPS setiap TPS dan 1 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dari setiap TPS.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rawalumbu dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan se kecamatan Rawalumbu . Pada Pemilihan caleg DPRD Kota , DPRD Propinsi, DPD, DPR RI dan Capres di tanggal 17 april 2019.


Acara dihadiri oleh seluruh peserta KPPS  se Kecamatan Rawalumbu , Panwaslucam Rawalumbu , Camat Rawalumbu, Lurah se Kecamatan Rawalumbu Perwakilan Pemerintah Kota Bekasi Kepala DPKD Kota Bekasi  Pandi Budiman, Kepala Tata Pemerintahan (Tapem) Cecep Farid Miftah, Babinsa, Binmaspol, para Anggota PPS, dan seluruh PPK Kecamatan Rawalumbu bertempat di Aula Gedung kesenian Haji Jaieni Kelurahan Bojong Meteng, Rawalumbu .


Ketua PPK Kecamatan Rawalumbu, Haris. SH, menyampaikan, dihadapan peserta 610 KPPS dan anggota sehubungan dalam pemilu serentak di 117- April 2019.

“Mari laksanakan tugas dari bangsa dan negara dengan penuh tanggung jawab, demi suksesnya Pemilu, mari kita jaga dengan tertib, aman dan lancar,” pesan Ketua PPK Kecamatan Rawalumbu , Haris.

“Semoga selama dalam pelaksanaan, kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan juga dalam keadaan sehat walafiat, jaga suasana yang kondusif, dan jangan ada masalah serta harus di jaga dengan adanya pancaroba alam.

“Mulai sekarang sampai seterusnya jaga keamanan keseluruhan. Apa lagi beberapa hari ke depan menjelang Masa tenang, menghadapi pencoblosan pileg dan pilpres.

Haris.SH Ketua PPK Kecamatan Rawalumbu, menjelaskan, kegiatan Bimtek merupakan rangkaian kegiatan berjenjang yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kota dalam rangka mempersiapkan hari pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

” Sehingga seluruh proses yang dilaksanakan di TPS dapat berjalan dengan lancar dan seluruh administrasi di TPS dapat dipertanggung jawabkan kepada seluruh pihak terkait dan pada saat pelaksanaan rekapitulasi ditingkat PPK,” urai Haris.SH dalam paparannya.

Sementara Ketua Panwascam Haerudin, menyampaikan, sesuai dengan peraturan yang ada KPPS harus berjalan sesuai koridor dan jangan sampai melanggar hukum, terutama setiap penyelenggara. Ikuti aturan yg sudah ditentukan.

“Bila ada hal-hal yang terjadi di KPPS  dapat langsung melaporkan pada gangguan keamanan tentunya pada polisi, Namun bila saksi atau juga pemilih ada klaim dan berkeras, laporkan ke  Panwascam akan kami proses pada jalur hukum, kasus saksi datang terlambat dapat  disampaikan pada pihak kami,” Haerudin Ketua Panwascam Kecamatan Rawalumbu .

Sumpah dan Bimtek berlangsung di  Gedung kesenian haji Jaieni Kelurahan Bojong Menteng Kecamatan Rawalumbu, berjalan dengan lancar, karena dengan Bintek bagi KPPS sehingga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rawalumbu dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan se Kecamatan Rawalumbu , telah mengikuti Pelantikan dan Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara sekaligus sumpah dan janji kepada seluruh anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara  (KPPS) se Kecamatan Rawalumbu .

Rangkaian seremonial acara secara berurutan adalah pengambilan sumpahsan janji, yang dilanjutkan dengan pelantikan anggota KPPS, dan penyerahan Surat Keputusan PPS Kelurahan tentang Pengangkatan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS.

Sementara Sahrul Sitompul .SE.  Ketua PPS Kelurahan Sepanjang Jaya, menyampaikan, Bimtek KPPS sangat penting dilakukan karena merupakan ujung tombak pelaksanaan pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara  (TPS).

Dijelaskan oleh Sahrul Sitompul.SE , selain KPPS kegiatan Bimtek juga akan dilakukan untuk Panitia Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kelurahan Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu , Kota Bekasi .

” Untuk itu, bimtek KPPS harus betul-betul maksimal dilakukan agar KPPS betul-betul memahami tata prosedur dan pengadministrasian formulir pemilihan di TPS nantinya,” ungkap Sahrul Sitompol.SE.

Selanjutnya Camat Rawalumbu, Dian Herdiana, M.SI, menyampaikan, bawasanya acara pelantikan dan Bintek akan dihadiri oleh Walikota Bekasi DR. Rahmat Effendi, namun beliau Walikota Bekasi ada tugas lainnya, sehinga tetap memberikan ucapan selamat atas dilakukannya pengambilan sumpah dan janji dan pelantikan anggota KPPS dengan jumlah 610 panitia KPPS se Kecamatan Rawalumbu, serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota KPPS yang merupakan bentuk partisipasi warga masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Karena kualitas Pemilu sangat ditentukan dari seberapa baik kinerja KPPS, untuk itu diharapkan anggota KPPS bekerja secara profesional, cermat, adil, netral dan aman.

Acara kemudian diteruskan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek), yang dipandu oleh Haris Ketua PPK kecamatan Rawalumbu , dan didampingi para anggota PPK.

Selain Bimtek PPK Rawalumbu dan PPS akan memberikan tuntunan secara teknis tentang tugas-tugas masing-masing anggota KPPS.

“Dengan ini diharapkan KPPS dapat memahami pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan memahami tata cara pengisian formulir dalam kotak dan atau di luar kotak, dan lampirannya,” kata Dian Herdiana. Msi.

Dalam Bimtek juga dilakukan simulasi pengisian Berita Acara Penghitungan Suara di TPS.

Bimtek memberikan kesempatan kepada anggota KPPS untuk menyampaikan pertanyaan terhadap hal-hal yang belum jelas, untuk selanjutnya akan ditanggapi oleh PPK, PPS maupun Panwaslucam dan PPK. (Red)

Editor : Saiful
Diberdayakan oleh Blogger.