Header Ads

Pantai Wisata Tanjung Baru Potensi Wisata Pantai Harapan Warga Desa Pasirjaya Kabupaten Karawang

Pantai Wisata Tanjung Baru-Karawang Jawa Barat

POSPUBLIK
.NEWS.COM
Kab Karawang - Kawasan wisata pantai yang satu ini terletak di Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang, konon dari cerita masyarakat setempat adalah merupakan kawasan hutan bakau yang di buka oleh masyarakat secara gotong royong dan di jadikan objek wisata pantai.

Pantai yang berada di dua selat antara semenanjung laut kabupaten karawang dan kabupaten subang ini di resmikan menjadi kawasan wisata untuk masyarakat kabupaten karawang pada saat kepemimpinan bupati karawang H. Achmad Dadang (alm).


Namun keberadaan pantai tanjung baru mulai dikenal masyarakat secara luas ketika lagu berjudul " Pantai Tanjung Baru" dilantunkan sekaligus diciptakan H. Darso artis bertalenta budayawan asal jawa barat, ditambah terbitnya satu lagu lagi untuk kabupaten karawang yang di ciptakan H.Darso yaitu" Kota Karawang" yang konon sengaja di pesan oleh bupati Drs. H.Dadang S Muchtar bupati karawang setelah bupati H. Achmad Dadang .

Sayangnya keberadaan pantai tanjung baru ini tidak seindah lagunya. Pasalnya pengelolaan yang belum optimal yang terabaikan dari sentuhan pemerintah daerah Karawang, padahal banyak warga setempat yang punya usaha di area pantai sangat berharap adanya perhatian pemerintah kabupaten karawang. Ucap mang kasno warga desa pasirjaya kepada wartawan Pospubliknews.com minggu,(09/06/2019 )

Pengunjung wisata yang datang dari berbagai wilayah khusus Karawang dan kabupaten Subang - Bekasi tidak bisa menikmati fasilitas lebih seperti halnya pantai wisata tanjung pakis dan pantai samudera baru yang selalu ramai apabila musim hari liburan nasional.

Namun demikian apabila anda berkunjung ke pantai tanjung baru ini tak kalah menariknya yaitu hidangan kuliner menu ikan bakar berbagai jenis ikan laut dan udang nya siap saji tersedia di warung warung lesehan pinggir pantai tentunya lengkap dengan oleh oleh ikan asin berbagai jenis.

Aktivis pemerhati parawisata, Miyani KD kepada wartawan pospubliknews.com  dilokasi pantai mengatakan," Sayang nya potensi keberadaan wisata Pantai Tanjung Baru tidak mendapat sentuhan langsung dari pemerintah kabupaten Karawang melalui dinas parawisata, pengelolaan pantai yang di laksanakan oleh pemerintah desa setempat tentunya takan maksimal hall ini perlu adanya inovasi dan kreativitas, agar mampu menghadirkan dobrakan tepat untuk bisa mencari terobosan baru seperti adanya'investor yang nantinya akan dapat mengelola dan mengembangkan wisata pantai ini agar keberadaannya dapat mencuat di kenal masyarakat secara luas di luar wilayah kabupaten karawang seperti keberadaan pantai wisata tanjungpakis dan pantai samudera baru."  ujarnya

Ditambahkan," sepertinya pemerintah kabupaten karawang harus sudah optimal secara fokus terhadap semua sektoral parawisata yang ada di wilayah kabupaten karawang ini, karena bukan satu hal yang mustahil apabila pantai seperti tanjung baru dan tempat objek wisata lainnya dapat di kelola secara benar dengan penataan pembangunan infrastruktur sarana prasarananya nanti akan mampu menghasilkan kontribusi pendapatan daerah yang signifikan nila pendapatan daerahnya tak kalah dari sektoral industri." papanya

Keberadaan pantai tanjung baru bisa anda kunjungi dari kota karawang dengan jarak tempuh 45 km ke arah kecamatan cilamaya kulon dengan mengikuti papan penunjuk arah atau google maps sampai ke pintu tiket karcis masuk lokasi yaitu tepatnya di depan kantor Desa Pasirjaya. (KYT)

Editor: Saiful
Diberdayakan oleh Blogger.