Header Ads

Dinas Sosial Kota Bekasi Siap Siaga dalam rangka menghadapi Musim Penghujan Penanganan Bencana Alam maupun Sosial



POSPUBLIK.NEWS.COM
Kota Bekasi-Dinas Sosial Kota Bekasi telah merumuskan siap Siaga dalam rangka menghadapi Musim Penghujan tentang penanganan Bencana Alam Dan Bencana Sosial, dalam Hal ini Dinas Sosial Kota Bekasi khususnya penanganan Bencana Alam Dan bencana Sosial  telah menjalankan dengan para Bidang yang berada di Dinas Sosial Kota Bekasi, tentang penanganan terhadap korban bencana alam maupun bencana sosial. 

Kadinsos Kota Bekasi Dr.H.Ahmad Yani Dan ANS Staf Bapenda E.Kustara

Menurut, E. Kustara, yang dipanggil oleh Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi untuk diminta dalam menjelaskan tetang penanganan Bencana Alam maupun Bencana Sosial, menjelaskan, sebagai berikut dalam masalah pananganan dan pengsiagaan menghadapi penghujan maka Dinas Sosial Kota Bekasi harus melakukan penanganan Siaga dalam menghadapi Musim Penghujan khususnya terhadap bencana Sosial maupun bencana Alam.


Menurut Dr. H. Ahmad Yani, Kadinsos Kota Bekasi bersama E. Kustara staf  Bapenda Kota Bekasi sebagai relawan tagana kota bekasi sedang merumuskan sebagai antisipasi dalam rangka menghadapi musim penghujan,  E Kustara memberikan masukan kiranya dinsos dapat menyiapkan logistik baik logistik pengadaan, maupun logistik bantuan masyarakat, pengusaha, dan bantuan lainya, kemudian perlu di Siapkan data Titik rawan Banjir serta mendata jumlah warga masyarakat yang berdomisili dilokasi rawan Banjir diantaranya jumlah jiwa jumlah KK, jumlah lansia laki laki berapa  dan lansia perempuan berapa serta balita perempuan dan laki laki berapa.


Mengingat undang undang no 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, bahwa Dinas sosial merupakan pelaksanaan penanganan bencana bidang perlindungan sosial serta Dinas sosial berhak menerima bantuan dalam Negeri dan Luar negeri serta memberikan bantuan kepada para Korban bencana alam, bencana sosial dan yang mengalami permasalahan sosial , kata E. Kustara


Sehingga dalam penanganannya bencana Alam atau Sosial perlunya Ada persiapan yaitu.

1.logistik pengadaan barang baik dalam Negeri maupun Liar Negeri sesuai Undang-Undang No 11 Tahun 2009 tentang kesejateraan sosial artinya melaksanakan Penanggulangan bencana bidang Sosial.

2. Menyiapkan Data titik rawan banjir di masing- masing kelurahan yang ada titik rawan banjir atau masing-masing di Kecamatan.

3. Mendata jumlah KK dilokasi rawan banjir diantaranya jumlah KK atau jiwa khususnya lansia laki-laki (berapa orang) Dan perempuan ( berapa orang) serta jumlah Balita laki-laki (berapa) Dan Balita perempuan itu menjadi kunci Data yang dipersiapkan apa bila nanti terjadi dilokasi banjir yang terjadi dititik lokasi banjir diwilayah kelurahan Dan Kecamatan manapun yang Ada di daerah Kota Bekasi.

Kemudian untuk melakukan hal tersebut dalam Pendapatan bisa dilaksanakan oleh TAGANA " Taruna Siaga Bencana " yang ada Karena perpanjangan Diana Sosial sesuai dengan Permensos No 28 Tahun 2012.

Maka dinsos harus segera antisi pasi dan Siap siga dalam menghadapi musim penghujan. Baik logistik, maupun porsonil taruna siga bencana, ( tagana)
Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Dr.H.Ahmad Yani , sedang melakukan koordinasi baik dengan relawan taruna  siaga bencana  ( TAGANA) maupun instansi terkait, dalam rangka penanganan bercana Alam maupun Bencana Sosial,  serta permasalahan sosial sesuai undang -undang no 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan Sosial.

Pada tahap Prabencana Dinas Sosial Kota Bekasi  telah membangun sistem kesiapsiagaan dan mitigasi bencana meliputi penyiapan bufferstock logistik, penyiapan sarana dan prasarana, penyiapan TAGANA, Kampung Siaga Bencana (KSB) dan petugas lainnya. 

Bahkan Menurut, E.Kustara walapun ASN Staf Bapenda Kota Bekasi, tetapi siap selalu membantu Dinas Sosial untuk membina kembali kampung siga bencana ( KSB) yang telah terbentuk tahun 2015 silam.
Pada saat bencana mengaktivasi sistem yang sudah dipersiapkan untuk penanganan bencana alam maupun Bencana Sosial secara terpadu.

Sehingga langkah pada saat terjadinya bencana dan pemerintah daerah telah menetapkan status tanggap darurat, Kementerian Sosial mengerahkan seluruh Potensi Penanganan Bencana Alam maupun Bencana Sosial. Ujarnya (Adv)

Editor : Saiful

Diberdayakan oleh Blogger.