Header Ads

Unik, Pemilihan Ketua RT di Kampung Mede Bekasi Rasa Pemilu dan Demokrasi

Pemilihan pengurus Rukun Tetangga (RT02 RW 04) Kampung Mede Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur

POSPUBLIK.NEWS.COM
Kota Bekasi - Bekasi Timur.  Pemilihan pengurus Rukun Tetangga (RT) biasanya cenderung jarang diminati warga, karena pada umumnya, pemilihan ketua RT dipilih langsung dari anggota masyarakat melalui musyawarah tanpa adanya pesta demokrasi layaknya pemilu.


Namun, hal itu tidak berlaku bagi warga RT 004 RW 002 Kampung Mede, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Pasalnya, euphoria pesta demokrasi mengantarkan warga RT 004 RW 002 kampung mede untuk melaksanakan pemilihan Ketua RT rasa pemilu.


Panitia mendesain pemilihan layaknya seperti pemilu supaya berbeda dari pemilihan RT yang sebelum-sebelumnya, serta supaya warga di lingkungan RT setempat dapat berpartisipasi langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkungannya guna mengatur roda pemerintahan paling dasar di negeri ini. Alhasil, pemilihan yang dilaksanakan pada Minggu (13/10/2019) disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat di lingkungan RT 004 RW 002.

Beberapa menit sebelum pemilihan dilaksanakan,  masyarakat baik dari kalangan anak muda, ibu-ibu dan bapak-bapak langsung berbondong-bondong memadati lokasi pemilihan. Tidak hanya menggunakan hak pilih untuk mencoblos kandidat calon ketua RT yang hendak dipilihnya, mayoritas seluruh warga juga mengawal proses pemilihan hingga perhitungan suara kandidat ketua RT-nya.

Majri selaku Ketua panitia pemilihan melaporkan, ada 2 calon kandidat yang terdaftar sebagai calon ketua RT. Masing-masing kandidat atas nama Munir Rahman pada nomor urut 01 dan Naroi Soleh di nomor urut 02. Serta dari 228 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), "Ini sudah lebih dari setengah warga yang milih" imbuhnya.

Selain warga RT setempat, pemilihan RT ini juga dihadiri dan disaksikan langsung oleh beberapa tamu undangan seperti Ketua RW. Proses pemilihan berjalan aman, kondusif dan meriah.

Warga mengawal proses hingga perhitungan suara selesai. Calon yang terpilih adalah atas nama Naroi Soleh yang menempati nomor urut 02 dengan total 129 suara dan diikuti Munir 28 suara.

selamat kepada bapak Naroi Soleh atas terpilihnya kembali sebagai RT 004 RW 002 Kampung Mede, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. (rizky)

Editor: Saiful
Diberdayakan oleh Blogger.