Header Ads

FPK Rawalumbu Adakan Peremajaan Kepengurusan Berjalan Dengan Hikmat

Acara peremajaan FPK Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi

POSPUBLIK.NEWS.COM
Kota Bekasi- Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) tingkat Kecamatan Rawalumbu telah mengadakan Peremajaan Pengurus dengan massa periode tahun 2020-2025, yang telah dilaksanakan diaula kantor Kelurahan Bojong Rawalumbu, FPK yang memiliki tema " Kita Tingkat Kan Kebersamaan Dan Solidaritas Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)." dengan dihadiri oleh Camat Rawalumbu Dian Herdiana, para Lurah se Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi ,Babinsa TNI, Babinmaspol. Kamis (19/12/19).


Menurut Sekertaris Kesatuan Badan dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi , Drs. Endang Suhadi, mengatakan, keberadaan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) adalah untuk menciptakan kerukunan antar suku dan etnis dari berbagai gesekan yang dapat memicu terjadinya konflik sosial.


“Agar tidak ada konflik adalah kerukunan antar suku dan etnis. Dengan adanya interaksi sosial yang berjalan dengan baik, salah satunya dengan keberadaan Forum Pembauran Kebangsaan, konflik akan bisa kita cegah,” kata Endang Suhadi, usai membuka kegiatan Peremajaan FPK Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Kamis (19/12/18) diaula Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi.

Menurut Sekertaris Kesbangpol Kota Bekasi, Endang Suhadi, forum FPK ini juga dimaksudkan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dengan tidak meninggalkan identitas suku dan etnisnya, khususnya di Kecamatan Rawalumbu, baik dalam bidang bahasa, seni dan budaya maupun bidang lainnya, sehingga terjalin rasa saling menghargai dan hormat menghormati.


“Di Kota Bekasi ada berbagai suku dan etnis, ada Batak, Sunda, Jawa, Sumatera, Madura, Bugis. Dari perbedaan suku dan etnis dalam suatu daerah itu, kita akan terus bina kerukunan melalui forum ini melalui proses interaksi sosial, baik dalam bahasa, dalam bidang seni budaya dan sebagainya dengan demikian maka persatuan, kesatuan, saling menghargai dan hormat menghormati akan tercipta,” jelasnya.

Selain itu, dia menambahkan, kerukunan antar suku dan etnis merupakan tanggungjawab dari semua masyarakat. Apalagi memasuki tahun Baru yang akan datang, hal tersebut harus terus digaungkan agar masyarakan tidak mudah terpancing untuk menciptakan konflik sosial karena perbedaan Suku Dan Ras.

“Kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa akan kita bina dengan baik, kondisi sosial kemasyarakatan seperti itulah yang kita inginkan, Inilah wujud kita mengusahakan bahwa kondisi sosial masyarakat tetap bersatu, tidak ada konflik dengan mengedepankan  NKRI persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Endang Suhadi.

Endang Suhadi pun berharap, FPK  Kecamatan Rawalumbu dapat terus menciptakan kondisi sosial kemasyarakatan yang saling menghormati dan menghargai serta mempraktikannya dalam kehidupan keseharian guna menciptakan kerukunan dan rasa aman di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan ini harus kita tindaklanjuti bersama, kita aplikasikan interaksi sosial yang baik ini ke seluruh masyarakat. Dari forum inilah kita harus sebarkan secara luas sehingga masyarakat akan banyak memahaminya,” harapnya.

Selain itu Camat Rawalumbu Dian Herdiana, menyatakan, bahwasannya dengan adanya Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK), yang telah terbentuk di Wilayah Kecamatan Rawalumbu, adalah untuk menciptakan kerukunan antar suku dan etnis dari berbagai gesekan yang dapat memicu terjadinya konflik sosial. Sehingga dengan adanya FPK ini dapat menciptakan luang kondusif dilingkungan khususnya di masyarakat. Katanya Dian Herdiana.

Sementara itu Ketua DPC FPK Kota Bekasi, H.Nasrulloh, mengungkapkan, prinsipnya FPK yang telah Ada di seluruh pelosok Negara Indonesia, seperti di Kota Bekasi ini, adalah sebagaian dari peran Serta dalam meningkatkan Pembauran Kebangsaan.

Yang mana dalam menjaga kesatuan Dan persatuan antar
berbagai suku dan etnis, ada Batak, Sunda, Jawa, Sumatera, Madura,Bugis. Dari perbedaan suku dan etnis dalam suatu daerah itu, kita akan terus bina kerukunan melalui forum ini melalui proses interaksi sosial,  baik dalam bahasa, dalam bidang seni budaya dan sebagainya dengan demikian maka persatuan, kesatuan, saling menghargai dan hormat menghormati akan tercipta kondusif terhadap Lingkungan. Ungkap Ketua DPC FPK Kota Bekasi , H.Nasrulloh

Hal lainnya pun Ketua PAC FPK Kecamatan Rawalumbu, bapak Ragil, akan mengajak seluruh lapisan masyarakat Rawalumbu untuk bahu berbahu meningkatkan kesatuan Dan persatuan antar Suku, Ras, Agama.

Bahkan pada nanti nya kami akan bekerjasama dengan badan terkait untuk mensosialisasi dalam menjaga 4 Pilar Bangsa, khususnya intansi Pemerintahan baik tingkat Kecamatan Rawalumbu dan kelurahan see Kecamatan Rawalumbu, guna untuk menciptakan kesatuan Dan persatuan dari berbagai antar suku dan etnis, untuk saling menjaga tingkat kesatuan Dan persatuan agar dari  berbagai berbagai Suku Dan Ras tersebut tidak menjadikan gesekan yang dapat memicu terjadinya konflik sosial.

Sehingga dengan adanya FPK ini dapat menciptakan luang kondusif dilingkungan khususnya di masyarakat,.

" kami pun Berharap untuk menghadipi Malam Natal Dan Tahun Baru Kiranya untuk saling menjaga tingkat kesatuan Dan persatuan antar Suku Ras Agama dilapangan dan Lingkungan masyarakat, baik yang Muslim atau Non Muslim untuk saling menghormati , sehingga dalam pelaksanaan Natal Dan Tahun Baru dapat berjalan dengan Kondusif. Ujar Ketua PAC FPK Kecamatan Rawalumbu, Bapak Ragil.' (Red)

Reporter : DIDI

Editor.      : SAIFUL

Diberdayakan oleh Blogger.