Header Ads

Masalah Pungli Admitrasi Pelayanan Di Kelurahan Margahayu Tidak Benar

Kelurahan Margahayu Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi

POSPUBLIK.NEWS.COM
Kota Bekasi-Dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum staff kelurahan Margahayu mendapat tanggapan dari pejabat Pemerintah Kota Bekasi. Kabag Humas Pemkot Bekasi Sajekti Rubiyah memberikan klarifikasinya pada Selasa (14/01/2020).


“Camat Bekasi Timur telah memanggil Langsung lurah Marhagayu dan Aparatur yang bersangkutan untuk dimintai keterangan lebih lanjut; termasuk telah dilakukan pembinaan kepegawaian terhadap Aparatur yang bersangkutan,” ujar Sajekti

Camat Bekasi Timur dikatakan Sajekti mengecam dan akan menindak tegas apabila ada Aparaturnya yang melakukan pungutan dengan nominal tertentu terhadap masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan.



“Perlu diketahui bahwa segala bentuk Pelayanan administrasi perizinan dan non perizinan di Kecamatan Bekasi Timur tidak pernah dipungut biaya adapun alias Gratis,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan kronologis proses pelayanan yang dimaksud terjadi pada hari Senin, 23 Desember 2019 pukul 14.00 WIB, saudara Hardi datang ke Kelurahan Margahayu bertemu dengan Samsul Rizal alias Boy Danton Kelurahan Margahayu.

“Setelah saudara Hardi bertemu dan menyampaikan tujuannya untuk membuat pernyataan waris yang akan digunakan untuk klaim Asuransi Jasa Raharja, Samsul Rijal alias Boy menyarankan saudara Hardi untuk bertemu dengan salah seorang staff Kelurahan Margahayu,”

Hardi kemudian dipertemukan dengan salah seorang staff kelurahan Margahayu untuk mengurus surat–surat yang dimaksud. Dalam waktu tidak terlalu lama sesuai seperti permintaan saudara Hardi untuk pembuatan pernyataan waris dan pengisian form klaim asuransi Jasa Raharja telah terlayani sesuai prosedur.

“ Dalam hal ini Kelurahan Margahayu tidak pernah ada pengutan untuk pelayanan kependudukan. Namun yang bersangkutan saudara Hardi memberikan sebagai bentuk ucapan terima kasih karena telah dibantu,” tandasnya.

Lurah Margahayu Bekasi Timur, Andi Mulyono, mengatakan, Bahwa dirinya pun sudah melakukan kalifikasi kepada pihak permohon keterangan Pembuatan pernyataan Waris Dan pengisian form klaim asuransi jasa raharja telah melayani sesuai prosedur.

Lurah Margahayu, Andi Mulyono telah bertemu secara lansung memanggil bapak "Hardi" di Kantor Kelurahan untuk melakukan kalifikasi Dan diminta keterangan nya kepada bapak Hardi Selaku permohon keterangan Pembuatan pernyataan Waris, tersebut.

Bapak Hardi ,menyatakan, bahwa dirinya telah ihklas memberikan biaya 550 ribu tersebut karena merasa berterima kasih atas bantuan dari Pihak aparatur Kelurahan Margahayu Bekasi Timur,, " Namun setelah adanya kompirmasi dalam kalifikasi yang dilakukan pertemuan dengan pihak permohon bapak ( Hardi) Dan Lurah Margahayu Bekasi Timur, sehingga dengan adanya Berita isu Pungli di kelurahan Margahayu, Tidak benar.

Bahkan dalam hal isu Pungli Admitrasi Pelayanan yang dilakukan oleh Kelurahan Margahayu pun, yang telah diberikan oleh bapak Hardi, oleh pihak Kelurahan Margahayu telah dikembalikan kepada bapak Hardi dengan lansung diterima oleh yang bersangkutan.

Maka dalam hal pelayanan berbentuk apa pun Pemerintahan Kelurahan Margahayu Tidak pernah Ada pungutan untuk pelayanan kependudukan karena sudah adanya perjanjian Fakta Intergritas bagi aparatur Pemerintahan Kota Bekasi baik ASN atau Non ASN yang melayani kebutuhan warga masyarakat dalam keperluan pelayanan kependudukan. Tuturnya. (Red)

Reporter : Tim

Editor.     : Saiful

Diberdayakan oleh Blogger.