Header Ads

Musrenbang Kelurahan Bojong Rawalumbu Prioritaskan Skala Infrastruktur

Musrenbang Kelurahan Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi dengan Skala proritas pembanguan insfratuktur

POSPUBLIK.NEWS.COM
Kota Bekasi-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu Tahun 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kota Bekasi tahun 2021 dilaksanakan pada Selasa (21/1/20) di aula Kelurahan Bojong Rawalumbu.


Lurah Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu, Budiyan.S.Sos. saat memberikan Sambutannya dalam acara Musrenbang Kelurahan Bojong Rawalumbu

Tema Musrenbang, ”Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Kapasitas Pelaku Ekonomi, Dalam Rangka Mewujudkan Visi Kota Bekasi”.

Lurah Bojong Rawalumbu ,Budiyan,S.Sos, mengungkapkan bahwa Musrenbang ini serentak dilaksanaakan di 12 kecamatan se-kota bekasi, yang terdiri dari 56 kelurahan, "dan pada hari ini serentak di 44 kelurahan," ujar Budiyan. S.Sos.

Menurut Budiyan, S.Sos, sempat terjadi beberapa kali perubahan waktu penyelenggaraan Musrenbang ini. "Semua terjadi karena menyesuaikan agenda yang ada dan bersamaan, kami mohon maaf dan mohon di maklumi," jelas Budiyan.S.Sos.

Lurah Bojong Rawalumbu, Budiyan,S.Sos, mengungkapkan bahwa dari semua usulan yang masuk ada prioritas-prioritas seperti pembangunan Infrastrukur yang terkait dengan upaya meminimalisir titik-titik terdampak banjir. Disamping itu, juga ada prioritas bidang kesehatan, yaitu pembangunan dan peningkatan kapasitas layanan kesehatan dalam hal ini Puskesmas yang saat ini warga Bojong Rawalumbu masih dilayani Puskesmas .



Musrenbang merupakan media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan Kelurahan dengan prioritas dan sasaran pembangunan kota, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada setiap tahapan Musrenbang. Karena itu, Budiyan.S.Sos, akan kembali melakukan survei dan verifikasi kembali pengajuan warganya.



Setelah verifikasi, dilanjutkan dengan input data secara terperinci baik rencana pembangunan fisik maupun non fisik, sehingga dapat terukur rencana anggarannya.
Selaras dengan tema Musrenbang, Budiyan,S.Sos. mengapresiasi para pelaku ekonomi UMKM di Bojong Rawalumbu yang telah berhasil mengembangkan tanaman hidroponik dan juga lainnya, "yang mana keduanya menghasilkan nilai ekonomi yang baik, sehingga kami terus berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitasnya," terang Budiyan.S.Sos.

Dalam kinerja pelayanan pihak kelurahan kepada masyarakat, lurah yang gemar blusukan ini menegaskan agar warga yang mau mengurus surat datang saja langsung ke kelurahan, "tidak usah titip-titip, semua akan di layani dengan baik!" Tegas Budiyan.S.Sos.

Guna menciptakan suasana nyaman lingkungan tempat tinggal, Budian, mengimbau pada semua warga untuk membuang sampah pada tempatnya, giat dalam melaksanakan kerja bakti dan gotong royong, serta merasa memiliki lingkungan.

Lurah Bojong Rawalumbu , Budiyan.S.Sos. Mengatakan, Sistem perencanaan pembanguan daerah Dan peremdagri no 54 tahun 2010. Bahwa daerah Pelaksanaan musrenbang dengan melakukan partisipasi RT Dan RW dengan acuan dari kebijakan musrenbang yaitu Sebagai memperkuat perekonomian masyarakat Dan Kelurahan Sebagai unit dalam Kegiatan yang diusahakan dari 41 RW dikelurahan Bojong Rawalumbu, berjumlah kurang lebih 231 usulan Dan akan dipilih 4 disetiap-setiap RW yang akan menjadi skala proritas utama yang nantinya akan diinput melalui aplikasi Siencang. Katanya


Camat Rawalumbu Dian Herdiana.AP.M.Si saat Sambutannya dalam acara Musrenbang Kelurahan Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi

Menurut Camat Rawalumbu, Dian Herdiana.AP.M.Si, menuturkan, bahwasannya Kegiatan musrenbang ini adalah sebagaian wujud usulan pembahasan pembanguan daerah khususnya disetiap-setiap Wilayah Kecamatan Dan Kelurahan, maka aspirasi skala proritas dalam pembanguan baik pembanguan insfratuktur Dan pembanguan perekonomian masyarakat yang berada diwilayah kelurahan seperti Pelaksanaan musrenbang yang saat ini ditingkat Kelurahan Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu, masih banyaknya usulan skala proritas pembanguan insfratuktur , maka dari aspirasi pemasukan dengan secara partisipasi dari tingkat RT maupun RW di 41 RW sekelurahan Bojong Rawalumbu yang nantinya akan dilakukan dengan 4 skala proritas pembanguan dengan Sistem usulan tersebut akan diinput melalui aplikasi Siencang. Tuturnya.

Musrenbang kelurahan Bojong Rawalumbu dihadiri segenap stakeholder (pemangku kepentingan) yang terdiri dari para pejabat dan tokoh kota Bekasi seperti Anggota DPRD Kota Bekasi Partai Golkar Dapil 3, Hj.Uri Huryati, dan para Intansi Dinas Sekda Kota Bekasi, Camat Rawalumbu, perwakilan Kapolsek, Perwakilan Danramil, para Kepala sekolah, Ketua LPM, Ketua BKM, Ketua Karang Taruna, Ketua FKRW, Ketua Penggerak PKK, tokoh masyarakat, Ketua Pokja Posyandu. ( Red )

Berita     : Avetorial

Reporter : HADIANSYAH

Editor.     : Saiful

Diberdayakan oleh Blogger.