Header Ads

Sekitar 10 Lingkungan RW antar Perumahan Dan Perkampungan di Wilayah Kelurahan Sepanjang Jaya Rawalumbu Terendam Banjir

Permukiman Perkampungan dilingkungan RW 04 Kelurahan Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu,yang teredam banjir, dengan ketinggian debit air sekitar
80 cm.
POSPUBLIK.NEWS.COM
Kota Bekasi- Hujan Deras yang mengguyur malam Tahun Baru dengan waktu yang sangat berkepanjangan mulai dari sore hingga malam Dan menjelang pagi, sehingga mengakibatkan banjir diwilayah perumahan maupun perkampungan yang berada diwilayah Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Rabu (01/01/2020)



Lingkungan perumahan yang terkena banjir diantaranya RW 08 dan RW 09 hingga RW 10, diperumahan Bumi Bekasi Baru,  Bahkan perumahan Kemang Pratama dan Lingkungan pemukiman di perkampungan yang terdapak banjir RW 04 , RW 05 Dan RT 05 RW 01 Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu.




Dampak banjir dengan ketinggian air hingga 40 cm sampai 70 cm diakibatkan hujan seharian dan luapan air dari Kali Bekasi yang terjadi dilingkungan RW 04 RW 05 permukiman perkampungan.

Begitu pula dengan debit air berketinggian sekitar 80 cm hingga 01, meter terjadi dilingkungan perumahan Bumi Bekasi Baru Rawalumbu.



Namun dengan kesergapan nya juga kekompakan nya aparatur Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, yang secara lansung dipimpin oleh Lurah Sepanjang Jaya , H. Junaedi , SIp. bersama seluruh pemangku jabatan Kelurahan Sepanjang Jaya, baik Sekel, para Kasie Dan Staff ASN Dan TKK,  Babinmaspol Dan Babinsa TNI , Anggota Linmas Dan Kader PKK juga relawan Koram Senja telah berkerjasama dalam bahu- membahu mengevakuasi korban banjir , serta selalu melakukan kordinasi Informasi terhadap lokasi lingkungan warga masyarakat yang terkena dampak banjir.



Menurut Lurah Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu, H.Junaedi, Sip. Mengatakan , bahwasannya seluruh Lingkungan yang terkena dapak banjir baik lingkungan Perumahan atau pemukiman Perkampungan dari sekitar 10 dilingkungan RW se Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, telah tertangani dengan baik dalam sikap Evakuasi maupun bantuan logistic dan tingkat Kesehatan serta Pantauan keamanan nya.



Lurah Sepanjang Jaya, H.Junaedi.Sip, mengatakan, dengan bencana banjir diwilayah nya khususnya di 10 lingkungan RW yang terkena dapak banjir kami sudah bergerak dengan Cepat dalam mengantisipasi bantuan kebutuhan untuk mengevakuasi bagi warga yang perlunya Pertolongan khususnya yang Terendam banjir dengan ketinggian debit air nya sangat tinggi.

Pihak kelurahan Sepanjang Jaya sudah melakukan kordinasi lansung dengan Pihak terkait dari Pemerintahan Kota Bekasi, khususnya melalui BPDB  yang meminta bantuan berupa perahu karet. Dan Kelurahan Sepanjang Jaya pun telah membuat Posko Banjir Serta Posko Dapur Umum yang telah diadakan di kantor Kelurahan Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi.

Dari Hasil Pantauan wartawan Pospublik.News.Com, terlihat Lingkungan RW yang tergenang dampak banjir terparah yaitu Lingkungan RW perumahan Bumi Bekasi Baru Rawalumbu, dilingkungan RW 08, RW 09, RW 10 Dan dilingkungan RW permukiman perkampungan dilingkungan RW 04, RW 05 yang debit air berketinggian sekitar 80 cm hingga 1, 10 cm.

Pada titik lokasi dampak Banjir yang terjadi dilingkungan RW baik lingkungan perumahan Bumi Bekasi Baru Rawalumbu dan pemukiman Perkampungan dilingkungan RW 04 RW 05 Kelurahan Sepanjang Jaya Rawalumbu, secara lansung telah mendapatkan bantuan logistic yang telah disaluran kepada warga masyarakat, bantuan logistic yang telah dipersiapkan oleh Pihak Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, berupa Nasi Bungkus, Mie Instan, Air Mineral, Pampes, Biskuit untuk Balita Dan Susu.


Posko Bantuan logistic yang telah disaluran oleh Pihak Kelurahan Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu kepada warga masyarakat yang terkena dapak banjir dilingkungan 10 RW se Kelurahan Sepanjang Jaya
Dari semua bantuan logistic ini telah disalurkan oleh pihak Kelurahan Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu, kepada warga masyarakat yang terkena dapak banjir, Dan bantuan tersebut telah diterima secara lansung oleh Ketua RW Dan RT dilingkungan yang terdapak Banjir, khususnya Lingkungan RW atau RT yang sudah mendirikan Posko Dapur Umum dalam penampungan logistic untuk diberikan kepada warga masyarakat yang terkena dapak banjir.

Dengan Pantauan Media Online Pospublik.News.Com secara lansung Lurah Sepanjang Jaya, Rawalumbu, H.Junaedi.Sip, terjun lansung melihat lokasi di 10  lingkungan RW yang terkena dampak banjir baik lingkungan Perumahan atau pemukiman Perkampungan, secara lansung Lurah Sepanjang Jaya, mendatangi lokasi titik banjir yang menimpa rumah warga masyarakat.

 Lurah Sepanjang Jaya H.Junaedi .Sip. Bersama Bimaspol bapak Aiptu Aip saat memantau lokasi banjir dilingkungan Perumahan Kemang Pratama 

Sehingga tak segan pula Lurah Sepanjang Jaya, H.Junaedi.Sip, terjun berendam melihat keadaan dilingkungan permukiman perumahan maupun pemukiman Perkampungan guna untuk meberikan himbauan agar bagi warga masyarakat yang terkena dapak banjir untuk segera melakukan Evakuasi Dan berhati-hati khususnya terhadap aliran listrik agar segera di padamkan, karena dikwatirkan adanya kosletting aliran listrik. Himbaunya Lurah Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu, H.Junaedi.Sip. (Red)

Reporter :  DIDI

Editor.     : Saiful

Diberdayakan oleh Blogger.