Header Ads

Ketua TP.PKK Kota Bekasi Hj.Gunarti Rahmat Effendi Kunjungi Dapur Umum Dan Melihat ibu-ibu Kader PKK di Bekasi Timur Gelar Nasi Bungkus Untuk Warga


Kujungan Ketua TP.PKK Kota Bekasi Hj.Gunarti Rahmat Effendi (Istri Walikota Bekasi) ke Dapur Umum Kecamatan Bekasi Timur, Dalam Penanganan Dampak Covid 19, ditemani oleh Ketua TP.PKK Kecamatan Bekasi Timur, Carolina Indriani Widy Tiawarman dan Ketua TP.PKK Kelurahan Bekasi Jaya, Hj.Komariah Ngadino, Camat Bekasi Timur, Widy Tiawarman.S.STP.MSi , Ketua Team Logistik Gugus Tugas Covid 19 Bekasi Timur, Kasi Ekbang Kecamatan Bekasi Timur, Amir, dan Lurah Bekasi Jaya, Ngadino.S.Ap, serta para pemangku jabatan OPD Kecamatan Bekasi Timur juga para Kader PKK

POSPUBLIK.NEWS.COM
Kota Bekasi– Sekelompok kaum ibu dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Bekasi timur tampak kompak membungkus hidangan siap santap di salah satu dapur umum di kawasan area kantor kelurahan Bekasi jaya , Kecamatan Bekasi timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.



Setelah rapi, nasi bungkus  tersebut diangkut ke mobil untuk kemudian diantar ke setiap kantor kelurahan sekecamatan Bekasi timur, kelurahan Aren jaya, Bekasi Jaya, Duren Jaya, Margahayu, hingga diantar ke rumah-rumah warga yang membutuhkan, seperti pengemudi ojek daring dan ojek pangkalan, sopir angkutan kota, para pedagang, dan masyarakat yang kurang mampu. Yang tidak mendapatkan bansos Covid 19.
Bahkan Ketua TP.PKK Kota Bekasi, Hj.Gunardi Rahmat Effendi ( istri Walikota Bekasi) mengunjungi dapur umum Kecamatan Bekasi timur, yang bertempat di kawasan areal halaman kantor Kelurahan Bekasi jaya. Minggu (19-04-20)


Dalam pembagian nasi bungkus yang telah dimasak di dapur umum Kecamatan Bekasi timur, awal pertama 1000 bungkus, hari kedua 500 bungkus, dan hari ketiga 300 bungkus, hari  keempat 300 bungkus dan hari ke Lima 300 bungkus ,dalam di dapur umum, ini yang akan diperuntukkan guna untuk membantu warga masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan sembako dari pemerintah dalam wabah Covid 19,





Sehingga dalam dapur umum untuk membantu wabah Covid 19 yang selama berdiri telah dilakukan pemasakannya oleh para istri pemangku jabatan ( SKPD) seperti istri Camat, Istri Lurah, kader PKK, kader posyandu.



Hj.Gunarti Rahmat Effendi (istri Walikota Bekasi) memberikan aspirisiasi " Is The Best " kepada pemangku jabatan OPD Kecamatan Bekasi Timur , Ketua TP.PKK Kecamatan dan TP.PKK Kelurahan serta kader PKK dan Kader Posyandu yang telah kompak dalam melakukan membungkus nasi bungkus untuk penanganan kepada warga masyarakat yang mana dalam wabah pademik Covid 19.

Hj.Gunarti Rahman Effendi, memberikan saran dihadapan, seluruh kader PKK kiranya untuk selalu menjaga tingkat kesehatan dalam menghadapi wabah pademik Covid 19 ini, dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan selalu , dan bila usai aktivitas agar selalu mandi juga baju yang telah dipakai agar selalu tercuci pada setiap harinya, dan juga jagalah pada saat menjemur nya di tempat yang aman dengan matahari yang cukup panas, dalam batasan waktu tertentu panas suhunya. 

Selain itu perbanyaklah memakan buah-buahan seperti pisang, jeruk, serta makanan seperti kuaci pun dapat menyerat zat tubuh' hingga dapat pertahankan kekuatan tubuh kita " ungkapnya 
Hj.Gunarti Rahmat Effendi.



Menurut Ketua TP.PKK Kecamatan Bekasi Timur, Carolina Indriani Widy Tiawarman, mengatakan, dapur umum ini dibuka sebagai dapur umum penanganan pada wabah Covid 19. Yang mana kami memasak nasi berserta lauk pauk, sehingga usai matang langsung kami lakukan dengan nasi bungkus , yang secara serentak pelaksanaan kegiatan masak nasi bungkus tersebut telah dilakukan bersama-sama pemangku jabatan OPD di Kecamatan Bekasi timur, juga oleh ibu kader PKK Kecamatan Bekasi timur, Kader PKK Kelurahan Bekasi jaya dan lainnya.

Aktivitas para kader PKK Kecamatan Bekas Timur dan Kelurahan Bekasi jaya tersebut merupakan bagian dari program yang diberi nama Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus) oleh Camat Bekasi Timur, Widy Tiawarman.S.STP.MSi, untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi dan sosial akibat pandemi corona virus disease atau covid-19 di Kota Bekasi.


Sementara itu Camat Bekasi Timur, Widy Tiawarman. S.STP.MSi,mengatakan, "Ini sebagai bentuk kegiatan kebersatuan antar kader PKK baik kader tingkat PKK kecamatan Bekasi timur dan kelurahan Bekasi jaya, dalam menangani wabah virus Corona yang diakomodasi oleh ibu-ibu PKK, sesuai instruksi langsung dari Ibu Ketua TP. PKK Kota Bekasi (istri Wali Kota Bekasi).

kader PKK harus ikut berperan andil dalam kegiatan membantu masak di dapur umum,  penanganan pada wabah Covid 19, hampir setiap hari ada dapur umum, karena dominan warganya yang kurang mampu saat pademik Covid 19 ini.

Karena dalam wabah Virus Covid 19 ini sangatlah banyaknya warga yang kurang mampu dalam perekonomian nya. Lalu kita berikan nasi bungkus dan bagikan," kata Camat Bekasi timur, Widy Tiawarman. S.STP.MSi, Minggu 19 April 2020.

Sistem pembagiannya pun, kata dia, tidak dilakukan dengan mengumpulkan warga. Tetapi, ibu-ibu kader PKK terjun langsung ke rumah warga setempat yang memang membutuhkan atau secara door to door.



"Dapur umum seperti ini sudah kita laksanakan selama 14 hari mulai dari pemberlakuan PSBB dari tanggal 15 sampai 28 -04-2020, dalam giat dapur umum ini diawali  pada hari pertama memasak nasi bungkus sebanyak 1000 (bungkus) , hari kedua 500 (bungkus) dan hari ketiga 300 (bungkus) hari ke empat 300 bungkus, hari Lima 300 bungkus, dihari selanjutnya nanti tetap sebanyak 300 bungkus, bahkan terus berkelanjutan dengan akan didistribusikan ke setiap kelurahan sebanyak 4 kelurahan diantar nya kelurahan Aren jaya, Duren jaya, Bekasi jaya, Margahayu." ungkapnya.


Menurut  Lurah Bekasi Jaya , Ngadino.S.AP, mengatakan , dalam kegiatan dapur umum dalam penanganan Covid 19, ini bersama Ketua TP PKK Kelurahan Bekasi jaya, Bekasi Timur, Hj. Komariah Ngadino,  gerakan ini menindaklanjuti imbauan Ketua TP PKK Kota Bekasi Hj.Gunarti Rahmat Effendi, yang meminta para kader PKK untuk ikut berperan aktif dalam penanggulangan wabah virus corona (Covid 19)


"Hari ketiga ini kami hanya mengepak 300 bungkus., kami akan selalu melakukan memasak di dapur umum pada setiap harinya bahkan bila perlu kami akan tambahkan lebih banyak lagi.

Sasaran dari gerakan  dapur umum ini dalam penanganan wabah Covid 19 ini kami berikan nasi bungkus kepada warga yang tidak mendapatkan bantuan sosial ( Bansos) Covid 19 yaitu seperti tukang parkir, penyapu jalan, pengendara ojek, sopir angkot, dan tentunya warga-warga yang membutuhkan yang makin terdampak akibat covid-19," ucap Hj.Komariah Ngadino.

Selain itu Lurah Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Ngadino .S.Ap, kami berharap kondisi seperti ini bisa segera berakhir sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal.

"Mudah-mudahan ini membantu masyarakat yang memang sekarang dengan kondisi seperti ini orang-orang yang bekerja keluar jadi tidak berpenghasilan. Minimal kami bisa memberikan sedikit, yang insya Allah bermanfaat untuk mereka," pungkasnya. (Red)

Reporter :  IF

Editor.     : Saiful

Diberdayakan oleh Blogger.